Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPeluang Portugal Lolos Piala Dunia 2022 Masih Ada Meski Terjal

Peluang Portugal Lolos Piala Dunia 2022 Masih Ada Meski Terjal

Bogordaily.net – Timnas Portugal harus menelan kekalahan menyakitkan dari Serbia pada di Estadio Da Luz, Lisbon, pada Senin pagi tadi. Cristiano Ronaldo Cs yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk langsung lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar justru kalah 1-2 dari Serbia.

Selecao Da Cuinas membuka keunggulan pada awal laga, tepatnya pada menit ke-3 melalui gol dari Renato Sanchez. Namun, D. Tadic membalas pada menit '33 dan A. Mitrovic memastikan kemenangan Serbia pada menit '90. Dengan kemenangan ini, Serbia memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Namun, bagaimana peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2022?

Peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2022 masih terbuka, meskipun untuk itu Ronaldo Cs harus melalui jalan terjal.

Merujuk pada aturan, 12 tim yang terdiri atas 10 runner-up grup dan 2 pemenang grup terbaik UEFA Nation League harus berjuang memperebutkan 3 tiket yang tersisa menuju Qatar.

Artinya, harus bersaing dengan tim seperti Swedia, Skotlandia, Rusia, dan Austria yang sudah dipastikan runner up grup kualifikasi piala dunia, serta Wales dan Ceko yang merupakan pemenang grup terbaik UEFA Nation League.

Rencananya, playoff akan digelar pada 24-29 Maret 2022.

Bagaimana cara kerjanya? Nantinya, 12 tim yang beradu sikut di babak playoff akan dikumpulkan dalam 3 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari empat tim dan di setiap kelompok akan memperebutkan 1 tiket.

Sistem pertandingan di kelompok ini berbeda dengan sistem grup. Pada playoff ini, 4 tim itu akan diundi untuk melakoni pertandingan bak semifinal. Pemenang dari “semifinal” itu akan diadu lagi di final kelompok.

Juara dari masing-masing kelompok lah yang berhak melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

Artinya, harus memenangi dua laga playoff untuk menjaga asa bermain di Qatar. Jika kalah di satu pertandingan saja, maka Ronaldo harus mengubur impiannya pensiun di Piala Dunia 2022.

Undian play off sendiri rencananya akan digelar pada Jumat 26 November 2021 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here