Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPerumda Tirta Kahuripan : Curah Hujan Tinggi Akan Pengaruhi Pasokan Air Bersih

Perumda Tirta Kahuripan : Curah Hujan Tinggi Akan Pengaruhi Pasokan Air Bersih

Bogordaily.net Beberapa hari belakangan terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah Bogor. Kondisi itu berpotensi masih akan terus berlanjut akibat sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Banten. Karena itu, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mengingatkan kondisi itu bisa berdampak pada produksi air bersih.

“Tingginya juga dapat berdampak pada produksi air bersih yang dikarenakan tingginya tingkat kekeruhan air di beberapa sungai yang terdapat di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor seperti sungai Cianten sebagai sumber air dari Cabang Pelayanan Leuwiliang, Sungai sebagai sumber air dari Cabang Pelayanan Kedung Halang dan Cabang Pelayanan Cibinong,” demikian tertulis dalam siaran pers Perumda pada Rabu 17 November 2021.

Guna menghadapi situasi demikian, telah menyiapkan pengaturan pendistribusian air. Perumda akan mengawasi produksi air di instalasi pengolahan air agar pasokan tidak terganggu. Namun, jika tingkat kekerahan air sudah mencapai lebih dari 5000 Ntu maka produksi akan dihentikan sementara.

Pasalnya, lumpur, air dan material lainnya yang terkandung di dalam air baku dapat merusak pompa intake instalasi pengolahan air. Petugas Perumda juga akan menyiagakan petugas untuk membersihkan sampah dan lumpur dari instalasi pengolahan air.

Selain itu, Perumda juga telah berkoordinasi dengan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi untuk selalu melaporkan tingkat ketinggian air SungaI . Dengan demikian, dapat melakukan antisipasi dengan memenuhi buffer reservoir saat cukup tinggi.

Di sisi lain, Direktur Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Abdul Somad mengimbau seluruh pelanggan agar menampung air bersih terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gangguan pengaliran.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelayanan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor telah menyiapkap armada mobil tangki untuk pendistribusian bantuan air bersih dengan menghubungi Call Center kami di nomor 1500-412 atau menghubungi Kantor Cabang Pelayanan terdekat. Kami berharap langkah antisipasi ini dapat meminimalisir gangguan pengaliran ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here