Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorAde Yasin dan Bima Arya Gelontorkan KDN TPAS Galuga Rp3,3 Milyar

Ade Yasin dan Bima Arya Gelontorkan KDN TPAS Galuga Rp3,3 Milyar

Bogordaily.net – Warga terdampak (TPAS) Galuga yang tersebar di Desa Galuga, Desa Dukuh dan Desa Cijujung pada tahun 2021 mendapatkan TPAS Galuga sekitar Rp3,3 milyar.

Dana tersebut berasal dari Pemerintah Kabupaten Bogor sebesar Rp1.739.750.000 yang sudah ditransfer ke rekening kas desa Galuga, Desa Dukuh dan Desa Cijujung pada 3 Desember lalu.

Sedangkan dana dari Pemerintah sebesar Rp1.660.750.000. Pada akhir Desember 2021 ini, dana tersebut harus sudah dibagikan kepada warga terdampak TPAS Galuga.

“Saat ini dana dari Pemerintah sedang dalam proses pencairan. Karena harus menunggu tandatangan persetujuan Walikota Bogor,” kata Kepala UPTD persampahan DLH Albert Nanlohy.

Albert memastikan bahwa pada akhir bulan Desember ini, dana KDN sudah ditransfer ke rekening desa. Dan harus segera dibagikan kepada warga terdampak.

” Dana ini harus dicairkan pada akhir tahun ini. Dan tidak bisa ditangguhkan pada tahun depan karena anggarannya bisa hangus,” kata Albert Nanlohy.

Sementara itu, berdasarkan Perjanjian Kerjasama ( PKS) pengelolaan TPAS Galuga yang ditandatangani Bupati Bogor Ade Yasin dan Walikota Bogor Bima Arya. Dana dari Kabupaten Bogor dan itu dialokasikan untuk Desa Galuga 55 persen. Untuk Desa Cijujung 30 persen dan untuk Desa Dukuh 15 persen.

Dari tiga desa yang mendapatkan dana . Masing masing desa harus mengalokasikan dana . Yaitu 60 persen untuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT). Untuk oprasional 5 persen. Untuk pembangunan insfrastruktur 35 persen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here