Friday, 19 April 2024
HomeTravellingDorong Pariwisata, Gerbang Satria Lumbis Pansiangan akan Kerja Sama dengan 5 Asosiasi

Dorong Pariwisata, Gerbang Satria Lumbis Pansiangan akan Kerja Sama dengan 5 Asosiasi

Bogordaily.net – Wisata Gerbang Satria akan meneken nota kesehapahaman (MoU) dengan lima Asosiasi yang bergerak dengan pemasaran (marketing) wisata Indonesia.

Setelah diluncurkan oleh didampingi oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE.,MM.,P.hd. Gerbang Satria masuk ke fase yang amat penting menentukan berputarnya ekonomi masyarakat.

Untuk itu Pemerintah Kecamatan bersama Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) desa-desa akan melakukan MoU dengan lima Asosiasi yang bergerak dengan pemasaran wisata yaitu:

1. Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kaltara.

2. Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Kaltara.

3. Associations Of The Indonesia Tours dan Travel Agencies (Asita) Kaltara.

4. Desa Wisata Nusantara Foundation (Dewisnu) Kaltara.

5. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kaltara.

Kelima asosiasi tersebut akan berbagi tugas. ASITA dan ASINDO akan melakukan promosi dan penjualan paket Wisata biro perjalanan wisata, Dewisnu dan HPI akan menangani kepemanduan wisata.  Sementara Hpmi akan mencetak pengusaha-pengusaha pariwisata di desa.

Lumbis selaku Plt. Camat menyampaikan, MoU akan dilaksankan pada tanggal 20 Desember 2021 mendatang. Dengan demikian Gerbang Satria tidak berhenti hanya sampai pada Launching.

“Tujuan kami bukanlah untuk selebrasi belaka usai Launching share-share foto atau vedio lalu berhenti (stagnan), komitmen Gerbang Satria adalah komitmen kolektif masyarakat yang ingin maju, ingin adanya perputaran ekonomi desa,” kata Plt. dalam keterangan tertulis di akun Facebooknya, Senin 6 Desember 2021.

Maka dari itu, dirinya berpandangan bahwa peran agen travel dan biro perjalanan wisata sangat menentukan terhadap kuantitas jumlah wisatawan yang berwisata di .

“MoU ini kita mau dorong wisata di ke pasa, sehingga nantinya ‘hukum mekanisme pasar' akan berperan, apalagi tahun 2022 akan menjadi pintu resmi Negara dengan di bukanya PLBN Labang sehingga pasar terbuka juga untuk mancanegara,” pungkasnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here