Thursday, 9 May 2024
HomePolitikHalaqah Satu Abad NU, Rizal Ramli: NU Harus Jadi Mobilnya Rakyat

Halaqah Satu Abad NU, Rizal Ramli: NU Harus Jadi Mobilnya Rakyat

Bogordaily.netMantan Menteri Koordinator bidang Ekonomi era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), meminta agar (NU) menjadi mobilnya rakyat. Ia meminta NU untuk selalu memihak pada rakyat kecil. Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam acara `Halaqah ` dengan tema `Gagasan Kontributif Membangun Kemandirian Ekonomi Nahdliyin` di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, pada Kamis 2 Desember 2021.

“NU itu mobilnya rakyat. Saya selalu andaikan NU itu `plat hitam`. Itu lah yang membuat NU besar, selalu menjadi mobilnya rakyat,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam

pun menyampaikan ekonomi harus berpihak pada rakyat kecil. Menurutnya, ekonomi Indonesia bisa maju dengan mengembangkan usaha kecil menengah pasalnya usaha-usaha inilah yang paling banyak membuka lapangan kerja dan tingkat kredit macet nya rendah.

Namun, lanjutnya, pengusaha kecil dan menengah Indonesia masih kesulitan mendapatkan modal.

“Dari dulu pengusaha kecil dan menengah selalu kesulitan modal. Sampai hari ini modal untuk usaha kecil hanya 18%, coba kalau dinaikkan dalam dua tahun yang datang naik jadi 30-40%, dampaknya dahsyat sekali,” paparnya.

Selain usaha kecil, pihak lain yang harus diperhatikan pemerintah adalah petani. Karena, petani akan meningkatkan hasil produksi apabila mereka beruntung saat panen dan hidupnya sejahtera.

“Petani harus untung, baru dia akan meningkatkan produksi. Kalau setiap tanam dia rugi, dia tidak akan menaikkan produksi,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here