Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalPelajar Tewas dengan Celurit Menancap di Kepala

Pelajar Tewas dengan Celurit Menancap di Kepala

Bogordaily.net – Empat remaja ditetapkan menjadi tersangka kasus kekerasan yang menewaskan seorang pelajar, RC (15), di , . RC yang diduga menjadi korban salah sasaran. Ia meninggal dengan di kepalanya.

Keempat remaja yang menjadi tersangka, AF (16), AR (15), AS (18), dan AS (15). AF dan AR dijerat dengan UU Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun. Sedangkan AS (18) dan AS (15) dijerat dengan Pasal 351 ayat 3 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Polisi juga mengamankan 21 remaja yang terlibat tawuran, termasuk tiga rekan RC.

Pada Rabu 5 Januari 2022, sepulang sekolah, RC bersama lima temannya pergi ke Menteng Pulo untuk bermain playstation. Mereka mengendarai dua sepeda motor.

Polisi mengatakan sesampai di Taman Kencana, rombongan RC berpapasan dengan kelompok pelajar dari sekolah lain.

Kelompok pelajar itu rupanya baru terlibat tawuran dengan anak sekolah lain. Kelompok pelajar berteriak-teriak ke arah rombongan RC.

Beberapa saat kemudian, muncul gerombolan pelajar dari sekolah lainnya lagi yang sebelumnya terlibat tawuran. Tawuran kembali pecah, sementara rombongan RC masih di dekat lokasi.

“Tiba-tiba ada sekelompok anak yang akan tawuran melempar senjata tajam mengenai kepala korban (RC),” kata Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Inspektur Polisi Satu Tri Bintang Baskoro, Sabtu 8 Januari 2022.

Peristiwa ketika RC menjadi korban salah sasaran terekam video.

Dalam video berdurasi 10 detik, RC dengan di kepalanya dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan sepeda motor oleh kedua temannya. Nyawa RC tidak tertolong.

Pandangan KPAI

Kepala Divisi Pengawasan Monitoring dan Evaluasi Komisi Perlindingan Anak Indonesia Jasra Putra mengatakan pembelajaran tatap muka pelajar yang baru saja dimulai terciderai oleh aksi kekerasan di .

“Tentu sangat tidak di inginkan para orang tua, di tengah semangat anak-anak mereka kembali sekolah, dengan 100 persen PTM, setelah dua tahun pandemi di rumah saja. Kekerasan anak seperti tawuran kerap terjadi selepas jam sekolah selesai,” kata Jasra, dikutip suara.com, Sabtu 8 Januari 2021.

Persoalan mengisi waktu luang dan tidak adanya kegiatan yang tersistem dan terstruktur, menurut Jasra, menjadi penyebab utamanya.

Jasra mengatakan anak-anak selepas sekolah memiliki kebutuhan menyalurkan energi lebihnya dan perlu tempat dalam menyalurkan bakat dan minatnya.

Banyak anak-anak yang terjebak dalam pergaulan yang diwarnai kekerasan akibat tidak mendapatkan tempat dalam mengisi waktu luang sehingga dalam konteks ini mereka cuma ikut-ikutan.

Jasra berpendapat pengawasan dari orang tua selepas anak selesai jam belajar di sekolah menjadi sangat penting. Karena kecenderungan terjadinya kekerasan atau berlangsung setelah pulang dari sekolah.

“Apalagi kondisi emosional di masa pandemi berpotensi anak memiliki agresifitas yang tinggi,” kata dia.

Jasra mengajak orang tua, guru hingga semua pihak bisa memampukan pelajar dalam mengendalikan emosi selama PTM di masa pandemi. Misalnya menciptakan kegiatan yang penuh makna agar tidak direbut aksi-aksi kekerasan.

“Kita tidak ingin PTM yang baru dimulai ini, terciderai dengan aksi dan kekerasan pelajar,” kata dia.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here