Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorSinar Mas Land Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah...

Sinar Mas Land Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Rumpin

Bogordaily.net merupakan bagian dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024 sehingga pemerintah memprioritaskan program peningkatan ketersediaan, akses dan kualitas konsumsi pangan. melalui mendukung agenda ini dengan menginisiasi “Program Pemberdayaan Masyarakat melalui ” yang diluncurkan pada Selasa 25 Jnuari 2022, di Desa Rumpin dan Desa Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Program tersebut bertujuan untuk menciptakan masyarakat dengan penggunaan lahan perusahaan sebagai sumber kesejahteraan masyarakat. Jenis bantuan yang diberikan perusahaan berupa pemanfaatan lahan, edukasi, penyuluhan, dan pelatihan di bidang pertanian serta bantuan bibit, pupuk hingga pendampingan intensif.

Bantuan itu merupakan wujud nyata dukungan perusahaan dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup, perekonomian masyarakat, menciptakan lapangan kerja, serta dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat setempat.

Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD – , Dony Martadisata mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud konkret keseriusan perusahaan dalam meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang pertanian.

“Kolaborasi dan sinergi semua pihak yang terlibat baik dari regulator daerah, perusahaan, maupun masyarakat diharapkan dapat mewujudkan tercapainya tujuan program untuk kesejahteraan para petani. menyediakan lahannya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya serta memberi manfaat bagi masyarakat luas,” ujar Dony.

Pada pembukaan acara tersebut, Camat Rumpin – Drs. Ade Zulfahmi M.Si menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kepedulian atas bantuan yang diberikan kepada warga penggarap lahan di wilayah Rumpin. “Saya berharap semoga program pemberdayaan masyarakat ini dapat turut memajukan pertanian serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat.” tutur Ade.

Hal ini pun juga dirasakan oleh Pramono, salah satu Petani Binaan yang merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Pramono menyampaikan, “Dalam kondisi ekonomi yang semakin sulit, petani harus bisa berjuang untuk bertahan hidup. Terima kasih kepada yang terus membantu saya dalam melakukan usaha budidaya pertanian dengan bercocok tanam. Saya bisa mencukupi kebutuhan hidup rumah tangga saat ini.”

Program yang mengintegrasikan aspek lingkungan dan ekonomi masyarakat ini akan terus dikembangkan guna mendukung keberlangsungan budidaya pertanian yang dilakukan warga setempat. Perusahaan juga menyiapkan 2 Balai Penyuluhan Kelompok Tani dan 1 Rumah Pupuk yang berlokasi di Desa Rumpin dan Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here