Monday, 6 May 2024
HomeBeritaWaspadai Gejala Kanker, Kesemutan hingga Mati Rasa pada Wajah

Waspadai Gejala Kanker, Kesemutan hingga Mati Rasa pada Wajah

Bogordaily.net sering kali tidak jelas pada awal pertumbuhan sehingga terabaikan. Namun, ada yang muncul di bagian bawah wajah, khususnya pada penderita kanker nasofaring.

Beberapa tanda peringatan kanker yang menyeluruh termasuk penurunan berat badan yang tidak seperti biasanya, kelelahan yang terus-menerus, dan pembengkakan di seluruh tubuh.

Dilansir Suara.com dari Express, kanker yang ganas akan bermanifestasi secara berbeda, tergantung letak kanker itu berkembang di dalam tubuh.

Seperti kanker nasofaring, yang cenderung mengganggap gejala di tenggorokan menghubungkan bagian belakang hidung dengan bagian belakang mulut.

Lantaran kanker ini menyerang bagian tenggorokan, Dokter Keng Hua mengatakan gejalanya termasuk gangguan pendengaran, benjolan di leher, kesulitan menelan, penglihatan ganda, sakit kepala, mimisan, hidung tersumbat dan mati rasa di bagian bawah wajah. Mati rasa di wajah bisa disertai dengan sensasi kesemutan.

Moffitt Cancer Centre menyebut gejala ini cenderung menjadi lebih luas dari waktu ke waktu. Pasien dengan tumor nasofaring mungkin merasakan benjolan kecil di salah satu sisi leher mereka.

Benjolan ini bukan tumor, melainkan kelenjar getah bening yang meradang. Kebanyakan kelenjar getah bening sangat kecil dan tidak bisa dirasakan. Namun, kelenjar getah bening yang diserang oleh sel kanker berpotensi membengkak hingga beberapa kali ukuran normalnya.

Tak hanya itu, yang juga perlu diketahui bahwa nyeri wajah dan mati rasa adalah gejala umum dengan berbagai penyebab, tidak hanya pertanda kanker.Terlebih lagi, kanker nasofaring yang cukup langka.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here