Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPunya Wajah Baru, Gedung Sarinah Akan Diremikan Juni 2022

Punya Wajah Baru, Gedung Sarinah Akan Diremikan Juni 2022

Bogordaily.net – Gedung sudah beroperasi lagi sejak 21 Maret 2022 setelah direnovasi besar-besaran. baru akan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi pada Juni mendatang.

“Jadi kurang lebih sudah 95% terisi oleh para mitra dan tenant, yang sudah buka bersama-sama di soft launching ini kira-kira 75%. Bertahap akan buka terus dan diharapkan Juni bisa diresmikan oleh Bapak Presiden dengan semua tenant sudah buka,” kata Direktur Utama Fetty Kwartati dalam podcast Tolak Miskin di Gedung Thamrin, dikutip dari Detik, Senin 28 Maret 2022.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor ritel itu telah bertransformasi dalam hal fisik bangunan maupun konsep bisnis.

“Kita buka kembali kepada masyarakat konsep bisnis yang baru, gedungnya yang sudah direnovasi, branding-nya juga kita refrIesh, lalu produk-produknya kita kurasi ulang benar-benar yang memang unggulan Indonesia, represent seluruh Indonesia,” katanya.

Sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, sudah mendapat rekomendasi sebagai cagar budaya. Pasca renovasi gedung yang menjadi ikon dari cagar budayanya adalah relief, eskalator pertama di Indonesia, hingga kolam pantul.

“Ini ikon-ikon heritage yang akan kita monetize ke berbagai kegiatan di mulai dari event sampai nanti ke merchandise dan juga nanti tema-tema karena tadi tema adalah shop, eat and learn, nah learn-nya itu sebuah narasi edukasi, story telling yang kita bisa angkat dari empat ikon cagar budaya,” tuturnya

Selain gedung yang baru, juga mengusung tagline baru yakni ‘panggung karya Indonesia'. Hal itu dikarenakan barang-barang di dalamnya diisi oleh 100% brand lokal.

“Ini adalah panggung, tempat pentasnya makers, creators, producers, dan karya-karya unggulan di seluruh Indonesia ada di sini,” imbuhnya.

Ke depan akan banyak sekali event yang menggerakkan lokalitas dan memberikan ekosistem kepada UMKM dan produk lokal. Para mitra yang berjualan di akan mendapat akses pasar hingga akses pembiayaan.

“Karena kita kerja sama dengan LPEI, Himbara, lalu mereka juga mendapat capacity building melalui program Sarinah pandu. Jadi mereka bisa dapat all in sehingga bisa langsung naik kelas bersama-sama,”
Jelasnya.*

(Muhamad Fadly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here