Thursday, 16 May 2024
HomePolitikJokowi Tanggapi Santai Dukungan 3 Periode dari Kepala Desa

Jokowi Tanggapi Santai Dukungan 3 Periode dari Kepala Desa

Bogordaily.net– Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia () menyatakan dukungan agar Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjabat tiga periode. Lalu apa kata Jokowi?

Jokowi hanya tertawa kecil saat ditanya mengenai aksi teriakan tiga periode yang dilakukan oleh beberapa kepala desa kepadanya usai acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022 kemarin.

Ia menilai teriakan kepala desa tersebut sebagai keinginan dari masyarakat. Jokowi pun menanggapi santai atas adanya keinginan kepala desa kepadanya untuk menambah satu periode kepemimpinannya. Sebab, ia mengklaim sudah sering mendengar adanya keinginan masyarakat seperti itu.

“Hehehe, yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar,” kata Jokowi di Candi Borobudur, Magelang sebagaimana dikutip Suara.com, Rabu, 30 Maret 2022.

Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menegaskan kalau keputusan konstitusi sudah jelas. Jabatan presiden maksimal hanya dua periode. Menurutnya seluruh pihak harus mengikuti aturan konstitusi tersebut.

“Tetapi yang jelas konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat harus patuh terhadap konstitusi, ya,” tegasnya.

Sementara itu Jokowi sempat bagi-bagi kaus gratis seusai menghadiri acara Silatnas . Saat membagi-bagi kaus, terdengar teriakan tiga periode dari peserta Silatnas di area luar Istora.

Jokowi didampingi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelum masuk ke dalam mobil, Jokowi mendengar teriakan dari peserta Silatnas. Kepala Negara mendekati kerumunan peserta yang sudah siap untuk mengabadikan Jokowi dengan ponselnya.

Saat Jokowi mendekat, banyak peserta yang berebut posisi supaya bisa mendapatkan foto bersama meski dari jarak jauh. Pada situasi tersebut, terdengar sautan-sautan tiga periode. Karena satu orang berani berteriak, otomatis peserta lainnya juga langsung menirunya.

“Pak, tiga periode pak,” kata peserta.

Sebelumnya diberitakan Ketua Umum Surtawijaya menyatakan kalau pihaknya bakal mendeklarasikan dukungan Jokowi tiga periode.

“Habis lebaran kami deklarasi,” kata Surtawijaya.

Ia menjelaskan dukungan tersebut bukan semata-mata keinginan mendadak dari para kepala desa. Namun, ia menganggap memiliki utang kepada Jokowi yang sudah mengabulkan tuntutan. Salah satunya mengubah aturan mekanisme gaji kepala desa dari tiga bulan sekali menjadi rutin setiap bulan.

“Beliau kabulkan. Sekarang kami punya timbal balik, beliau peduli sama kami,” ujarnya.

Awalnya, hendak melakukan deklarasi bersamaan dengan  Silatnas 2022 yang digelar di hari yang sama. Namun, ia sempat dilarang oleh sejumlah pihak.

Surtawijaya juga menegaskan tidak ada pihak yang mengarahkannya untuk mendukung Jokowi tiga periode. Ia mengklaim dukungan itu murni berasal dari para kepala desa yang merasa banyak dibantu oleh Jokowi. Ia juga membantah kalau pihaknya diarahkan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here