Tuesday, 28 May 2024
HomeNasionalPunya Bayi, Tapi mau Pelihra Kucing? Ini Tips Aman Memelihara Kucing Saat...

Punya Bayi, Tapi mau Pelihra Kucing? Ini Tips Aman Memelihara Kucing Saat Ada Bayi

Bogordaily.net – Kucing menjadi salah satu hewan yang cukup memiliki banyak penggemar. Namun ketika ada di rumah, kadang kerap menjadi masalah. Ada beberapa tips aman Memelihara kucing saat ada di rumah.

Ketika si Kecil lahir, bukan berarti Mums harus berpisah atau bahkan membuang kucing kesayangan Mums. Masih ada kok beberapa cara yang dapat Mums lakukan agar memelihara kucing bisa tetap aman untuk si Kecil.

Di sisi lain, kucing kerap kali juga disebut-sebut sebagai pemicu masalah kesehatan pada manusia, seperti asma, toksoplasmosis, atau bahkan rabies.

Lantas, bagaimana ya jika Mums saat ini sudah memiliki dan memelihara kucing di rumah? Haruskah anda menghindari kontak antara kucing dan ?

Nah, untuk mengetahuinya, yuk simak bagaimana tips aman memelihara kucing saat Mums memiliki berikut ini.

1. Selama beberapa hari pertama setelah lahir dan tinggal di rumah, jangan langsung pertemukan dengan kucing. Memperkenalkan kucing secara langsung setelah di rumah hanya akan memicu perilaku agresif kucing.

Ini karena kucing merasa bayi Mums adalah ancaman baru baginya. Jadi, biarkan kucing beradaptasi terlebih dulu selama beberapa hari dengan bau anggota baru di dalam rumah Mums.

2. Jaga kebersihan kucing dan lingkungan rumah

Rutinlah memandikan kucing, membersihkan kandangnya, dan memotong kuku-kukunya. Jangan lupa juga untuk melengkapi vaksinnya agar ia terhindar dari penyakit yang mungkin saja bisa menular ke manusia.

Apabila kucing menunjukkan adanya gejala akan penyakit tertentu, segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Selain itu, rajinlah untuk membersihkan lingkungan dan perabotan rumah, seperti karpet, tirai, dan sofa. seringkali menempel pada benda-benda ini, jadi dengan rutin membersihkannya, Mums dapat mengurangi risiko bayi mengalami masalah kesehatan.

3. Jangan meninggalkan bayi dengan kucing tanpa pengawasan

Pastikan juga untuk selalu mencuci tangan bayi dan mengganti pakaiannya setelah ia bermain dengan kucing. Ini untuk menghindarkan bayi dari risiko penularan penyakit dari kucing.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan. Tak heran jika Mums menyukainya. Namun, ketika si Kecil lahir, bukan berarti Mums harus berpisah dengan kucing kesayangan Mums, kok.

Itulah tadi 3 tips aman memelihara kucing saat memiliki bayi, semoga bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here