Friday, 29 March 2024
HomeNasionalWarga Geger Penemuan Benda Diduga Bom, Dekat Balai Kota Solo

Warga Geger Penemuan Benda Diduga Bom, Dekat Balai Kota Solo

Bogordaily.net – Di tengah gelaran atau di Kota Solo, salah seorang warga menemukan benda yang mirip , di depan rumah warga Jalan Arifin, tak jauh dari Balai Kota Solo, pada Rabu, 30 Maret 2022, pagi hari.

Benda di duga dekat Balai Kota Solo tersebut ditemukan di trotoar depan Klinik Fajar atau tak jauh dari markas Denpom IV/4 Surakarta. Dilansir dari berbagai sumber, benda itu kali pertama ditemukan seorang asisten rumah tanga setempat bernama Boni. Ia menemukan benda tersebut sekitar pukul 05.30 WIB.

Tas berwarna biru di trotoar. Merasa curiga, saksi membuka tas tersebut yang ternyata berisi benda berwarna merah.

“Tadi pagi saya jalan-jalan di sekitar sini. Melihat ada tas tak kira sampah terus saya tendang kok ada benda itu,” kata dia.

Dia pun lantas meminta bantuan tukang sampah untuk memastikan barang tersebut. Kemudian dilaporkan ke kantor Denpom. “Bendanya besarnya se-botol mineral besar. Tidak tahu itu apa. Saya laporkan saja ke kantor Denpom,” tuturnya.

Usai laporan, petugas dari Polresta Surakarta mendatangi lokasi. Jalan Arifin sempat ditutup untuk umum karena dilakukan evakuasi. Benda mencurigakan tersebut berwujud tas belanja kecil warna biru dengan motif bunga. Barang tersebut kini telah diamankan Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak memastikan jika barang temuan tersebut bukanlah benda berbahaya. Barang mencurigakan diketahui oleh warga sekitar pukul 6.00 Wib. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke petugas piket Denpom IV/4 Surakarta.

Pihaknya telah mengamankan barang tersebut. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak khawatir terhadap keamanan di Kota Solo.

“Beberapa barang dalam tas dan sudah dilakukan analisa oleh tim jihandak. itu bukan barang berbahaya,”ujar Ade Safri Simanjuntak saat ditemui wartawan di Benteng Vatenberg.

Polresta Surakarta, lanjut dia, langsung berkoordinasi dengan tim Gegana Satbrimobda Polda Jateng. Pihkanya juga langsung melakukan evakuasi ke Benteng Vastenberg, Solo untuk melakukan analisis. Hasilnya benda tersebut tersebut bukanlah benda yang berbahaya.

“Ini bukan barang berbahaya, bukan barang peledak. Jadi tidak perlu dilakukan disposel,” tandasnya.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here