Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorDishub Kota Bogor Lakukan Skenario Ujicoba Kendaraan di Simpang Ciawi

Dishub Kota Bogor Lakukan Skenario Ujicoba Kendaraan di Simpang Ciawi

Bogordaily.net – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor melakukan dua skenario di , Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Rabu 13 April 2022.

Dalam ujicoba tersebut, diantaranya kendaraan dari arah Tajur dapat langsung menuju arah Sukabumi tanpa harus melewati U turn tol Jagorawi.

“Skenario kedua, kendaraan dari arah Tajur dapat langsung ke arah maupun Sukabumi,” ucap Kepala Bidang Lalu Lintas, Dody Wahyudi.

Menurut Dody, ujicoba berlangsung selama satu hari dan terpantau arus lalu lintas (lalin) disekitar berjalan lancar.

“Kita lihat dari arah tol Jagorawi tidak ada lagi antrian kendarana yang cukup panjang karena arus lalin dari Tajur menuju dan Sukabumi itu sudah tidak perlu lagi berputar di U turn,” ujarnya.

Meski begitu, setelah dianalisa secara visual di tikungan setiap kaki Simpang, menurut nya, ada beberapa yang perlu di evaluasi dan pembenahan secara menyeluruh diantaranya perlu adanya penambahan rambu petunjuk terkait dengan perubahan arus lalu lintas pada tiap Simpang.

Lebih lanjut, kata dia, perlu juga penambahan marka stopline yang ada di empat kaki Simpang. Sehingga kendaraan tidak melebihi daripada batas traffic light yang ada.

“Juga terkait dengan hambatan samping seperti PKL dan parkir itu yang harus kita kerjasamakan lebih lanjut dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan instansi terkait lainnya agar tidak ada lagi antrian di sekitar Pasar Ciawi yang menuju kearah maupun Sukabumi,” katanya.

Menurut nya, optimalisasi traffic light belum bisa diterapkan secara permanen. Sebab, Dishub masih melakukan kajian dan analisa termasuk akan dibahas terlebih dahulu bersama BPTJ, Balai Jalan Nasional Kementrian PUPR, Balai Pengelola Jalan Tol Jasa Marga, Polresta Bogor Kota, Polres Bogor, Pemda Kabupaten Bogor, Dishub Kabupaten Bogor dan Satpol PP Kota maupun Kabupaten Bogor.

“Setelah ada kesepakatan dan skenario terbaik kita akan permanenkan,” tutupnya***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here