Friday, 3 May 2024
HomePolitikMoeldoko Masuk Bursa Capres 2024, Ini Saran Pengamat Supaya Eksis

Moeldoko Masuk Bursa Capres 2024, Ini Saran Pengamat Supaya Eksis

Bogordaily.net–  Sejumlah nama calon presiden (capres) 2024 terus bermunculan. Salah satunya . Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) itu mulai diperhitungkan dalam mendatang.

Melansir Wartaekonomi.co.id dari RM.id, mantan Panglima TNI itu disebut menjadi ancaman yang patut diperhitungkan dalam Pemilu 2024. Penilaian ini disampaikan oleh Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing.

Menurut Emrus, latar belakang militer Kepala Kantor Staf Kepresidenan itu bisa menjadi pendongkrak popularitas dan elektabilitasnya dalam . Begitu pula dengan jabatannya saat ini sebagai KSP.

“Dengan latar belakang militer, dan jabatan yang sekarang, harusnya mampu dikapitalisasi mendongkrak popularitas dan elektabilitas,” kata Emrus.

Namun, tetap perlu melakukan perubahan jika ingin meningkatkan elektabilitasnya. Sebagai pendatang baru dalam radar survei, mantan politisi Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu disarankan melakukan beberapa gebrakan.

Perubahan pertama, kata dia harus mulai mengubah gaya komunikasi politiknya. Emrus menilai narasi populisme saat ini lebih laku ketimbang gaya komando atau militeristik.

“Kalau perlu sering ketemu masyarakat akar rumput. Kabarnya sudah sering utus staf temui pendemo, harus juga lakukan itu. Hilangkan kesan militeristik,” saran Emrus.

Kedua, ia juga diminta menjaga komunikasi yang dilakukan jajarannya di KSP agar tidak salah berbicara. Pasalnya, KSP selama ini sudah melekat dengan namanya.

“Jaga juga agar komunikasi tenaga ahli, staf ahli di KSP tidak salah bicara. Karena lembaga KSP sudah cukup melekat dengan nama ,” lanjutnya.

Jika bisa membuat komunikasinya menjadi efektif, maka bukan tidak mungkin ia bisa bersaing dengan sejumlah tokoh yang sudah populer. Terlebih, periode Pemilu 2024 masih dua tahun lagi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here