Manfaat Kulit Mangga untuk Kesehatan

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Kesehatan · 7 Mei 2022 07:48 WIB

Jangan Dibuang! Kulit Mangga Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?


 Ilustrasi buah mangga. (Pixabay/Fathima Shanas/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi buah mangga. (Pixabay/Fathima Shanas/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Kulit mangga yang biasanya langsung dibuang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Dirangkum Suara.com dari Bolsky, berikut beberapa manfaat kulit mangga untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Untuk kesehatan jantung

Studi menyatakan bahwa kulit mangga kaya akan antioksidan seperti karotenoid dan fenolik sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Senyawa antioksidan ini akan membantu melawan radikal bebas dan memerangi masalah seperti obesitas, salah satu penyebab utama penyakit jantung selain hipertensi.

Mencegah kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam fenolik dan flavonoid dalam kulit buah yang dikenal manis tersebit mungkin memiliki sifat antikanker, terutama terhadap kanker payudara. Kandungan tersebut akan membantu menghambat proliferasi sel sehingga mencegah risiko tumor. Mangiferin yang terkandung dalam kulit mangga juga menunjukkan efek perlindungan terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Untuk penderita diabetes

Mengkomsumsi kulit buah mangga disebut dapat mencegah lonjakan tiba-tiba kadar glukosa dalam tubuh dan mencegah kerusakan pankreas akibat stres oksidatif.

Turunkan berat badan

Pektin adalah serat unik yang ditemukan di kulit mangga dan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan. Konsumsi kulit mangga membantu meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan jumlah kalori, bahkan diklaim lebih efektif dibanding diet tinggi protein.

Untuk sistem kekebalan tubuh

Kulit mangga kaya vitamin C, nutrisi yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Ini membantu mendukung berbagai fungsi seluler yang terkait dengan sistem kekebalan adaptif dan bawaan serta memberikan perlindungan terhadap patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk kulit dan rambut

Kulit mangga, terutama yang sudah matang, mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin E sendiri efektif dalam meminimalkan kerusakan pada kulit akibat sinar UV, memperlambat penuaan, dan mengatasi peradangan kulit. Kulit mangga juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kulit kepala yang sehat.

Memiliki efek antimikroba

Kulit mangga memiliki aktivitas antimikroba dan dapat membantu mencegah infeksi berbagai bakteri seperti E.coli dan Salmonella, dan jamur seperti Aspergillus Niger.

Menjaga kesehatan usus

Kulit mangga memiliki potensi prebiotik yang ketika dikonsumsi dapat mendukung pertumbuhan bakteri ‘sehat’ yang selanjutnya membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan.

Membantu penyembuhan luka

Vitamin E adalah nutrisi yang bagus untuk penyembuhan luka. Inilah mengapa manfaat kulit mangga lainnya adalah membantu menyembuhkan luka, termasuk luka bakar dan luka pasca operasi.***

Artikel ini telah dibaca 400 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sama-Sama Mengganggu Hubungan, Ini Perbedaan Ejakulasi Dini dan Ejakulasi Tertunda

18 Mei 2022 - 22:30 WIB

Apa Itu Virus Hendra, Ketahui Gejala dan Cara Pencegahannya

18 Mei 2022 - 21:36 WIB

Tips Atasi Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

18 Mei 2022 - 18:52 WIB

Atasi kulit Belang

Mengenal 5 Prinsip Stoicisme, Bisa Bantu Hidup Lebih Tenang dan Aman

18 Mei 2022 - 18:06 WIB

Stoicisme

Kaum Rebahan Wajib Tahu! Terlalu Lama Berbaring di Kasur Ini Dampak Buruk Bagi Kesehatan

18 Mei 2022 - 15:44 WIB

Ajaib! 5 Buah Ini Bisa Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

18 Mei 2022 - 13:34 WIB

kolesterol tubuh
Trending di Kesehatan