Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaJangan Dibuang! Kulit Mangga Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Jangan Dibuang! Kulit Mangga Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Bogordaily.net–  Kulit yang biasanya langsung dibuang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Dirangkum Suara.com dari Bolsky, berikut beberapa manfaat kulit untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Untuk kesehatan jantung

Studi menyatakan bahwa kulit kaya akan antioksidan seperti karotenoid dan fenolik sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Senyawa antioksidan ini akan membantu melawan radikal bebas dan memerangi masalah seperti obesitas, salah satu penyebab utama penyakit jantung selain hipertensi.

Mencegah kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam fenolik dan flavonoid dalam kulit buah yang dikenal manis tersebit mungkin memiliki sifat antikanker, terutama terhadap kanker payudara. Kandungan tersebut akan membantu menghambat proliferasi sel sehingga mencegah risiko tumor. Mangiferin yang terkandung dalam kulit juga menunjukkan efek perlindungan terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Untuk penderita diabetes

Mengkomsumsi kulit buah disebut dapat mencegah lonjakan tiba-tiba kadar glukosa dalam tubuh dan mencegah kerusakan pankreas akibat stres oksidatif.

Turunkan berat badan

Pektin adalah serat unik yang ditemukan di kulit dan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan. Konsumsi kulit membantu meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan jumlah kalori, bahkan diklaim lebih efektif dibanding diet tinggi protein.

Untuk sistem kekebalan tubuh

Kulit kaya vitamin C, nutrisi yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Ini membantu mendukung berbagai fungsi seluler yang terkait dengan sistem kekebalan adaptif dan bawaan serta memberikan perlindungan terhadap patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk kulit dan rambut

Kulit , terutama yang sudah matang, mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin E sendiri efektif dalam meminimalkan kerusakan pada kulit akibat sinar UV, memperlambat penuaan, dan mengatasi peradangan kulit. Kulit juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kulit kepala yang sehat.

Memiliki efek antimikroba

Kulit mangga memiliki aktivitas antimikroba dan dapat membantu mencegah infeksi berbagai bakteri seperti E.coli dan Salmonella, dan jamur seperti Aspergillus Niger.

Menjaga kesehatan usus

Kulit mangga memiliki potensi prebiotik yang ketika dikonsumsi dapat mendukung pertumbuhan bakteri ‘sehat' yang selanjutnya membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan.

Membantu penyembuhan luka

Vitamin E adalah nutrisi yang bagus untuk penyembuhan luka. Inilah mengapa manfaat kulit mangga lainnya adalah membantu menyembuhkan luka, termasuk luka bakar dan luka pasca operasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here