Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil Todd Boehly, Pengusaha yang Jadi Bos Baru Chelsea

Profil Todd Boehly, Pengusaha yang Jadi Bos Baru Chelsea

Bogordaily.net– Todd Boehly akhirnya menjadi pemilik baru FC. Pengusaha asal Amerika Serikat itu resmi mengambil alih kepemilikan tim dari taipan asal Rusia, Roman Abramovich. Siapakah Todd Boehly? Berikut profilnya.

Todd Boehly merupakan orang yang tak asing dengan bisnis di dunia olahraga. Saat ini ia tercatat sebagai pemilik tim bisbol Los Angeles Dodgers. Ia memimpin konsorsium pemilik baru yang juga berisikan Clearlake Capital, pengusaha AS lainnya Mark Walter, dan pebisnis Swiss Hansjoerg Wyss.

Kelompok tersebut telah diizinkan oleh pemerintah Inggris menjadi pemilik baru , setelah mereka membekukan aset-aset milik Abramovich sebagai sanksi atas agresi militer Rusia ke Ukraina sejak pengujung Februari lalu.

Situs resmi menyatakan 2,5 miliar poundsterling atau sekitar Rp44,7 triliun dari total investasi kelompok pemilik baru tersebut akan dialokasikan untuk membeli 100 persen saham klub.

Keuntungan tersebut akan ditransfer ke rekening bank Inggris milik Abramovich yang dibekukan dan seluruhnya bakal didonasikan ke yayasan amal pilihan taipan Rusia tersebut.

Pemilik baru pimpinan Boehly juga telah berkomitmen investasi tambahan sebesar 1,75 miliar poundsterling atau sekira Rp31,3 triliun untuk berbagai kebutuhan pengembangan klub.

Melansir Suara.com dari Marca, pemilik baru mungkin merupakan nama baru bagi banyak orang di dunia sepak bola. Namun, dia adalah wajah yang lebih akrab bagi penggemar olahraga Amerika.

Boehly sudah menjadi pemilik sebagian dari Los Angeles Lakers dan Los Angeles Dodgers dan memegang 27 persen saham di Lakers dan 20 persen di Dodgers. Sebuah laporan menunjukkan bahwa ini bukan pertama kalinya menunjukkan minat pada sepak bola. Dia mencoba membeli klub London Barat itu pada tahun 2019.

“Saat saya bernegosiasi, tujuannya bukan untuk mendapatkan kesepakatan terbaik untuk diri saya sendiri tetapi untuk semua pihak,” kata Boehly pada reuni sekolah di Maryland pada masa lalu, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Kebanyakan orang mencoba memeras setiap sen untuk diri mereka sendiri. Strategi itu memberi mereka lebih banyak uang pada satu kesepakatan tertentu, tetapi itu tidak membangun kepercayaan atau hubungan jangka panjang,” sambungnya

Setelah lulus dengan gelar di bidang keuangan, karir Boehly dimulai sebagai CS First Boston di New York pada tahun 1996, sebuah divisi dari Credit Suisse. Dia kemudian pindah ke JH Witney & Co dan kemudian ke Guggenheim Partners pada tahun 2001.

Sementara itu sejak Abramovich mengambil alih kepemilikan pada 2003, mengalami masa-masa paling sukses mereka dengan raihan lima gelar juara Liga Premier Inggris, dua trofi Liga Champions, dua trofi Liga Europa, lima Piala FA, tiga Piala EFL, satu Piala Super UEFA, satu Piala Dunia Antarklub, serta dua kali memenangi Community Shield.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here