Monday, February 6, 2023
HomeKabupaten BogorWarga Gunung Putri Heboh, Air Sungai Cileungsi Berubah Warna

Warga Gunung Putri Heboh, Air Sungai Cileungsi Berubah Warna

IIMS

Bogordaily.net – Warga Kecamatan Gunung Putri dihebohkan dengan perubahan warna air di Sungai Cileungsi yang tiba tiba berubah menjadi biru muda.

Warga Kecamatan Gunung Putri menduga perubahan warna air tersebut berasal dari limbah pabrik garmen atau limbah Laundry Pada Hari Rabu 11 Mei 2022.

Menurut keterangan masyarakat sekitar Panji menjelaskan bahwa terkait Aliran Sungai yang berwarna biru tersebut berada di Sungai Cileungsi.

“Itu di aliran Sungai Cileungsi. Dugaannya tercemar oleh limbah pabrik, disinyalir pabrik garmen atau laundry,” Ucapnya kepada wartawan

Lanjut ia menjelaskan Aliran air tersebut berada di antara Desa Cicadas dan Wanaherang di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

“Kejadiannya selasa kemarin. Kejadian seperti ini udah bertahun-tahun dan kemarin kejadian lagi. Kondisinya gak ada membaiknya, kalo memburuk iya,” Ungkapnya.

Ia menambahkan, Menurutnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memiliki semua data pembuangan limbah industri.

“Coba ditanya DLH ada gak tindakannya, itu data pabriknya pabrik apa, koordinatnya dimana, itu DLH udah tau semua,” tuturnya.

Lanjut ia menjelaskan di Sungai Cileungsi, DLH Kabupaten Bogor telah membuat tim patroli sungai untuk mencari data perusahaan yang diduga membuang limbahnya ke aliran sungai.

“Coba ditanya tindakannya ? Apa diminta duit ? Apa di tindak pidana ringan (tipiring), apa diajukan tindak pidana berat? Saya gak tau,” jelasnya.

Sementara Ketua Satgas Patroli Sungai Haji.Wawan saat di konfirmasi mengenai penemuan air sungai berubah berwarna biru (limbah) di kecamatan gunung putri.

“Benar itu, itu pas di sungai di daerah wanaherang, ini kita lagi telusurin sekarang,” Ungkapnya.

Menurut wawan, kejadian Aliran air sungai Cileungsi berbuhah jadi warna biru tersebut baru terjadi kemarin.

“Itu tu baru itu, baru kemarin itu, baru kemarin itu ketahuannya dan kisaran jam satu atau dua siang. Kita akan coba telusuri kondisi aktual nya,” pungkasnya.(*)

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor