Monday, February 6, 2023
HomeNasionalHujan Lebat di Ciwidey, Jembatan Penghubung Terseret Banjir Bandang

Hujan Lebat di Ciwidey, Jembatan Penghubung Terseret Banjir Bandang

IIMS

Bogordaily.net – Wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diterjang banjir bandang dan mengakibatkan satu jembatan penghubung ambruk pada Senin, 6 Juni 2022 sore.

Luapan air yang menerjang perkampungan warga tersebut dilaporkan terjadi akibat volume air hujan yang cukup tinggi yang mengguyur wilayah tersebut.

Sejumlah warga pun merekam peristiwa banjir bandang yang mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum hancur tersebut.

“Innalilahi Akibat volume air hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir bandang dibeberapa titik wilayah di Ciwidey, Kab Bandung Jawa Barat, 6 Juni 2022,” tutur akun Instagram @infobdgbaratcimahi, dikutip dari Pikiran Rakyat, Senin 6 Juni 2022.

Salah satunya adalah video yang direkam oleh warga kampung Makbul, yang memperlihatkan sebuah rumah hancur diterjang luapan banjir bandang.

“Bumi rugrug deui (rumah hancur lagi), ini di Makbul,” ucapnya.

“Ancur rumah ancur, ancur rumah lihat tuh guys, sampai ke kolam-kolam, banjir sampai ke rumah,” tutur perekam menambahkan.

Hujan deras di sekitaran Pacira juga membuat sungai di kampung Warung, RT2/RW2 diterjang banjir bandang.

Selain itu, akun Instagram @infokabupatenbandung juga mengunggah sejumlah video situasi sungai Ciwidey di belakang Koramil dengan debit air yang sangat deras.

“Situasi Sungai Ciwidey (Belakang Koramil) imbas hujan besar yang melanda wilayah PACIRA dan sekitarnya pada sore ini,” ujar keterangan dalam video.

Akibat banjir bandang tersebut, sebuah jembatan di Kampung Warung, Ciwidey, juga amblas terkena hantaman debit air sungai yang tinggi.

“Sama, ini di belakang koramil aja air sangat besar sekali. Ada rumah juga sudah menggantung lagi,” kata perekam.

Dia kemudian menyoroti salah satu rumah yang berada di pinggir sungai, yang sudah ambruk terkena hantaman banjir bandang.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada informasi terkait berapa jumlah rumah warga dan fasilitas umum lainnya yang hancur akibat banjir bandang Ciwidey ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor