Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorMengenal Sejarah STAI Al-Hidayah Bogor

Mengenal Sejarah STAI Al-Hidayah Bogor

Bogordaily.netSTAI Al-Hidayah lahir diawali dari bergeraknya Lembaga Pendidikan dan Dakwah (LPD) Al-Huda Bogor yang memprioritaskan kegiatannya di bidang Tahfizh Alquran Al-Karim dan Program Belajar Jarak Jauh (PBJJ).

Lokasi STAI Al-Hidayah sebelum perpindahan ke Dramaga berada di Cimanglid Sukamantri Kabupaten Bogor, di mana pada awal tahun 2010 kampus STAI Al-Hidayah berpindah ke Dramaga yang berlokasi di Jalan Raya Dramaga KM 7 Gg. Radar Baru, Kelurahan Margajaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

STAI Al-Hidayah telah membuka beberapa Jurusan dan Program Studi S1 (Strata Satu), di antaranya Jurusan Syariah Program Studi Ahwal Syakhshiyah (Hukum Keluarga), Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Jurusan Ushuluddin Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Kemudian pada tahun 2011 dibuka Program Studi baru D3 (Diploma Tiga), yaitu Jurusan Ekonomi Islam dengan Program Studi Perbankan Syariah. Kemudian pada tahun 2016 dibuka Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Selain itu, dalam meningkatkan mutu pendidikan mahasiswa, STAI Al-Hidayah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang diharapkan bisa menunjang, di antaranya sebuah bangunan masjid sebagai sarana beribadah dan media latihan keagamaan (laboratorium penyiapan mahasiswa) untuk diterjunkan ke tengah-tengah umat, perpustakaan, koperasi, studio radio, 5 Jurnal Ilmiah.

Terakreditasi, 4 Prosiding untuk publikasi hasil penelitian dan lainnya.
Semua itu tidak lain demi peningkatan kualitas mahasiswa sebagai kader Islam yang bisa membela umat pada setiap lini kehidupan.

Albin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here