Saturday, 20 April 2024
HomeBerita14 Jamaah Haji asal Daerah Ini Positif Covid-19

14 Jamaah Haji asal Daerah Ini Positif Covid-19

Bogordaily.net– Sebagian jamaah telah kembali ke Indonesia. Sebanyak 14 yang yang datang dari Arab Saudi dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya sebanyak 13 orang terpapar Covid-19 dilaporkan dari Debarkasi Surabaya, sedangkan satu lainnya dari Debarkasi Solo.

“Dari total 9.551 yang sudah kembali ke Tanah Air, yang positif COVID-19 ada 14 orang,” kata Kepala Pusat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Budi Sylvana, Selasa malam 19 Juli 2022 sebagaimana dikutip Tantrum.suara.com.

Gejala yang timbul dari infeksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 seluruhnya bersifat ringan. Sehingga prosedur perawatan pasien sesuai protokol kesehatan yang kini berlaku adalah isolasi mandiri.

Selama proses isolasi mandiri, kata Budi, jamaah yang mengidap COVID-19 tetap melakukan pemantauan kesehatan secara mandiri selama 21 hari ke depan di tempat masing-masing.

“Sementara ini gejalanya ringan. Jadi isolasi mandiri di rumah mereka masing-masing,” ujarnya.

Kemenkes telah membagikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah (K3JH) kepada setiap jemaah yang tiba di debarkasi berisi riwayat skrining kesehatan selama di Arab Saudi.

K3JH berguna untuk memantau kondisi kesehatan jemaah mengingat masa inkubasi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 berkisar dua pekan usai kontak erat dengan pasien.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here