Friday, 3 May 2024
HomeNasionalSoal Pencabulan Mas Bechi, Kemenag Cabut Izin Operasional Ponpes Majma'al Bahrain Shiddiqiyyah

Soal Pencabulan Mas Bechi, Kemenag Cabut Izin Operasional Ponpes Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah

Bogordaily.net – Ramai kasus dugaan pencabulan yang dilakukan oleh Moch Subchi Al Tsani (MSAT) atau Mas Bechi, (Kemenag) resmi mencabut izin operasional Majma'al Bahrain Shiddiqiyyah, , Jawa Timur.

Direktur Pendidikan Diniyah dan , Kemenag, Waryono mengungkapkan jika nomor statistik dan tanda daftar Majma'al Bahrain Shiddiqiyyah telah dibekukan.

“Sebagai regulator, Kemenag memiliki kuasa administratif untuk membatasi ruang gerak lembaga yang di dalamnya diduga melakukan pelanggaran hukum berat,” tegas Waryono di Jakarta, dikutip dari Suara, Jumat 8 Julil 2022.

Terkait dengan kasus dugaan pencabulan, Waryono menyebut kalau pihak pesantren juga dinilai menghalang-halangi proses hukum terhadap Mas Bechi. Waryono mengatakan bahwa pencabulan bukan hanya tindakan kriminal yang melanggar hukum, tetapi juga perilaku yang dilarang ajaran agama.

“Kemenag mendukung penuh langkah hukum yang telah diambil pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut,” terangnya. Untuk langkah selanjutnya, Waryono menegaskan kalau pihaknya akan berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Jawa Timur, Kantor Kemenag , serta pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa, para santri tetap dapat melanjutkan proses belajar dan memperoleh akses pendidikan yang semestinya.

Waryono menambahkan bahwa hal yang tidak kalah penting supaya para orang tua santri maupun keluarganya bisa memahami keputusan yang diambil dan membantu pihak Kemenag. “Jangan khawatir, Kemenag akan bersinergi dengan pesantren dan madrasah di lingkup Kemenag untuk kelanjutan pendidikan para santri,” paparnya.

Penjemputan paksa yang dilakukan Polisi terhadap Moch Subchi Al Tsani (MSAT) tidak berjalan dengan mulus. Bahkan polisi terpaksa mengamankan puluhan orang lantaran menghadang petugas.

Puluhan orang tersebut menghalangi petugas yang ingin masuk ke area pesantren Shiddiqiyyah, Ploso. Kebanyakan dari mereka adalah simpatisan MSAT serta santri tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here