Tradisi Rayakan Idul Adha Terunik di Dunia, Konser Musik Hingga Hias Kambing

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Internasional ยท 10 Jul 2022 20:27 WIB

Tradisi Rayakan Idul Adha Terunik di Dunia, Konser Musik Hingga Hias Kambing


 Umat Islam melaksanakan salat Idul Idha 1443 H di lapangan kawasan lereng Gunung Sumbing Desa Reco, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (9/7/2022). [ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym via suaracom] Perbesar

Umat Islam melaksanakan salat Idul Idha 1443 H di lapangan kawasan lereng Gunung Sumbing Desa Reco, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (9/7/2022). [ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym via suaracom]

Bogordaily.net – Tradisi rayakan Idul Adha terunik di dunia ini bakal bikin Anda terheran-heran.

Ya, diberbagai belahan dunia umat muslim merayakan Idul Adha dengan tradisi masing-masing.

Yang jauh berbeda dengan tradisi di Indonesia. Tradisi itu sudah menjadi ritual yang dilakukan setiap hari raya Idul Adha tiba.

Melansir dari suaracom, berikut ini tradisi rayakan Idul Adha terunik di dunia

1. Maroko

Salah satu negara yang memiliki keunikan tersendiri dalam perayaan Idul Adha adalah negara Maroko. Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, para pemuda di Maroko mengenakan pakaian wol hingga menyerupai kambing dalam Karnaval Boujloud.

Tidak hanya itu, mereka juga menghiasi wajah mereka dengan bermacam gambar yang unik. Rombongan pemuda tersebut kemudian berjalan mengelilingi gang-gang di setiap distrik lalu diikuti oleh warga sekitar dengan suka cita dan meriah.

Setelah melaksanakan Idul Adha, umat Muslim maroko kemudian berkunjung ke setiap rumah untuk mengucapkan selamat dengan sajian kue dan makanan ringan dari pemilik rumah.

2. Aljazair

Negara Aljazair memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Raya Idul Adha dengan cara yang tidak kalah menarik. Umat Muslim biasanya menghiasi hewan kambing kurban dengan henna di kepala.

Sebelum disembelih, kambing yang sebelumnya dihiasi dengan henna tersebut kemudian diadu terlebih dahulu dengan kambing kurban yang lain.

3. Nigeria

Nigeria memiliki tradisi unik yang dinamakan Hawan Sallah dan Hawan Daushe. Dalam tradisi tersebut, kuda dihias dengan warna-warni dalam sebuah parade di Nigeria bagian utara, daerah dengan populasi Muslim terbesar di negara tersebut.

4. Filipina

Filipina memiliki 25 persen penduduk yang memeluk agama Islam, dalam perayaan Idul Adha, negara tersebut memiliki tradisi yaitu berkumpul bersama anggota keluarga untuk makan bersama.

Tuan rumah yang mengadakan pesta akan meletakkan sejumlah uang di bawah kain penutup kursi di meja makan. Kemudian, kain tersebut nantinya akan dimiliki oleh orang yang menduduki kursi tersebut.

5. Turkmenistan

Pada hari libur Idul Adha, Turkmenistan biasanya menyelenggarakan konser dan berbagai acara. Kebiasaan yang paling menarik di negara tersebut adalah memasang ayunan besar di semua penjuru.

Warga Turkmenistan percaya bahwa mereka yang menggunakan ayunan tersebut akan dibersihkan dari dosa-dosa mereka.

6. Malaysia

Di negara Malaysia, umat Buddha dan Muslim tinggal bersama. Oleh karenanya, beberapa ritual Hari Raya di wilayah tersebut mencerminkan campuran budaya ini.

Di Kuala Lumpur, jalan-jalan akan dipenuhi dengan hiasan bunga saat salah Idul Adha diadakan.

7. Bangladesh

Sama halnya seperti di Indonesia, Bangladesh juga memiliki tradisi mudik saat hari raya, baik itu Hari Raya Idul Adha maupun Idul Fitri.

Tradisi mudik Idul Adha di Bangladesh kerap menimbulkan masalah karena fasilitas tidak memadai. Misalnya, warga lebih memilih untuk mengambil risiko dengan naik perahu dayung kecil, saat kapasitas di tiket kapal feri terjual habis. ***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Rumput Laut Baru Ditemukan di Perairan Dalam Antartika

1 Desember 2022 - 20:06 WIB

rumput laut antartika

Rayakan Kemenangan AS, Warga Iran Ditembak Mati

1 Desember 2022 - 12:23 WIB

bunuh diri di Mal Kuningan

PM Malaysia Anwar Ibrahim Belum Juga Punya Kabinet

1 Desember 2022 - 11:39 WIB

China Berduka, Mantan Presiden Jiang Zemin Meninggal Dunia

30 November 2022 - 19:29 WIB

Ngeri! 500 Buruh Tewas Saat Bangun Proyek Piala Dunia 2022 di Qatar

30 November 2022 - 19:16 WIB

UU Kriminalisasi Seks Gay Resmi Dicabut Singapura

30 November 2022 - 09:29 WIB

Trending di Internasional