Friday, 26 April 2024
HomeBeritaTradisi Rayakan Idul Adha Terunik di Dunia, Konser Musik Hingga Hias Kambing

Tradisi Rayakan Idul Adha Terunik di Dunia, Konser Musik Hingga Hias Kambing

Bogordaily.net – Tradisi rayakan terunik di dunia ini bakal bikin Anda terheran-heran.

Ya, diberbagai belahan dunia umat muslim merayakan dengan tradisi masing-masing.

Yang jauh berbeda dengan tradisi di Indonesia. Tradisi itu sudah menjadi ritual yang dilakukan setiap hari raya tiba.

Melansir dari suaracom, berikut ini tradisi rayakan terunik di dunia

1. Maroko

Salah satu negara yang memiliki keunikan tersendiri dalam perayaan adalah negara Maroko. Dalam menyambut Hari Raya , para pemuda di Maroko mengenakan pakaian wol hingga menyerupai kambing dalam Karnaval Boujloud.

Tidak hanya itu, mereka juga menghiasi wajah mereka dengan bermacam gambar yang unik. Rombongan pemuda tersebut kemudian berjalan mengelilingi gang-gang di setiap distrik lalu diikuti oleh warga sekitar dengan suka cita dan meriah.

Setelah melaksanakan , umat Muslim maroko kemudian berkunjung ke setiap rumah untuk mengucapkan selamat dengan sajian kue dan makanan ringan dari pemilik rumah.

2. Aljazair

Negara Aljazair memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Raya dengan cara yang tidak kalah menarik. Umat Muslim biasanya menghiasi hewan kambing kurban dengan henna di kepala.

Sebelum disembelih, kambing yang sebelumnya dihiasi dengan henna tersebut kemudian diadu terlebih dahulu dengan kambing kurban yang lain.

3. Nigeria

Nigeria memiliki tradisi unik yang dinamakan Hawan Sallah dan Hawan Daushe. Dalam tradisi tersebut, kuda dihias dengan warna-warni dalam sebuah parade di Nigeria bagian utara, daerah dengan populasi Muslim terbesar di negara tersebut.

4. Filipina

Filipina memiliki 25 persen penduduk yang memeluk agama Islam, dalam perayaan , negara tersebut memiliki tradisi yaitu berkumpul bersama anggota keluarga untuk makan bersama.

Tuan rumah yang mengadakan pesta akan meletakkan sejumlah uang di bawah kain penutup kursi di meja makan. Kemudian, kain tersebut nantinya akan dimiliki oleh orang yang menduduki kursi tersebut.

5. Turkmenistan

Pada hari libur , Turkmenistan biasanya menyelenggarakan konser dan berbagai acara. Kebiasaan yang paling menarik di negara tersebut adalah memasang ayunan besar di semua penjuru.

Warga Turkmenistan percaya bahwa mereka yang menggunakan ayunan tersebut akan dibersihkan dari dosa-dosa mereka.

6. Malaysia

Di negara Malaysia, umat Buddha dan Muslim tinggal bersama. Oleh karenanya, beberapa ritual Hari Raya di wilayah tersebut mencerminkan campuran budaya ini.

Di Kuala Lumpur, jalan-jalan akan dipenuhi dengan hiasan bunga saat salah Idul Adha diadakan.

7. Bangladesh

Sama halnya seperti di Indonesia, Bangladesh juga memiliki tradisi mudik saat hari raya, baik itu Hari Raya Idul Adha maupun Idul Fitri.

Tradisi mudik Idul Adha di Bangladesh kerap menimbulkan masalah karena fasilitas tidak memadai. Misalnya, warga lebih memilih untuk mengambil risiko dengan naik perahu dayung kecil, saat kapasitas di tiket kapal feri terjual habis. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here