Monday, 29 April 2024
HomeNasional5 Kelebihan E-Book Dibanding Buku Fisik

5 Kelebihan E-Book Dibanding Buku Fisik

Bogordaily.net – Munculnya e-book atau elektronik, mebuat kita tidak perlu membeli fisik, cukup mengunduh melalui perangkat seperti ponsel, laptop, atau komputer, kita bisa membaca berbagai macam .

Tentu saja hal ini membawa banyak kemudahan bagi para penikmat .

Pembaca biasanya harus menabung terlebih dahulu jika ingin membeli yang diinginkan, tetapi berkat adanya e-book, kita bisa menghemat pengeluaran.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan e-book:

1. Tidak memakan tempat

Masalah pertama yang muncul jika kita membeli secara fisik adalah harus menyediakan tempat atau rak khusus.

Jika tidak ditangani dengan baik, yang bertumpuk hanya akan memakan tempat dan membuat ruangan terlihat berantakan.

Jika kita menggunakan atau membeli elektronik, kita tidak perlu repot memikirkan tempat penyimpanan. E-book memudahkan kita untuk membaca banyak tanpa harus membeli rak baru.

2. Tidak perlu perawatan khusus

Sama seperti barang-barang lainnya, buku juga harus diperlakukan dan dirawat dengan baik agar tidak mudah berjamur dan rusak. Jika kita meletakkan buku di sembarang tempat, buku tersebut akan rentan berjamur dan rusak begitu saja.

Berbeda dengan e-book, kita tidak perlu repot membersihkan dan merawatnya. Semua sudah terprogram di dalam sistem.

3. Tidak perlu menunggu

Ketika membeli buku secara online, tentu saja kita harus menunggu buku tersebut sampai di rumah. Namun, jika kita membeli buku elektronik, kita bisa langsung membacanya tanpa harus menunggu.

Apalagi sekarang ada banyak perpustakaan digital dengan koleksi buku yang banyak.

4. Lebih hemat

E-book juga biasanya memiliki harga yang lebih murah dan hemat jika dibandingkan dengan buku fisik. Hal ini karena e-book tidak memerlukan biaya produksi seperti tinta, kertas, dan lain sebagainya. Jika kita ingin membaca buku tertentu tetapi budget terbatas, membeli e-book bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Praktis dan mudah dibawa

Kelebihan selanjutnya dari buku elektronik adalah kita bisa membawanya ke mana saja, bisa dibaca di mana saja, bahkan di tempat yang minim cahaya sekalipun.

Ketika sedang berpergian jauh, membawa buku biasanya akan membuat kita repot, apalagi jika berat. Dengan e-book, semua ada di genggaman kita.

Itulah lima kelebihan e-book atau buku elektronik jika dibandingkan dengan buku fisik.

Namun, tentu saja ada beberapa orang yang berpendapat bahwa kehadiran buku fisik tetap tidak bisa tergantikan oleh teknologi sehebat apa pun.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here