Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPolda Metro Hentikan Penyelidikan Beras Banpres yang Terkubur

Polda Metro Hentikan Penyelidikan Beras Banpres yang Terkubur

Bogordaily.net – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menghentikan penyelidikan temuan bantuan sosial  Presiden ()yang terkubur di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Endra Zulpan mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait tidak ditemukan unsur pidana dalam kasus tersebut. Olehkarena itu, pihaknya menghentikan penyelidikan yang terkubur itu.

“Sampai saat ini tidak ditemukan unsur pidana. Kemudian yang ditanam ini adalah yang rusak,” kata Endra Zulpan di Jakarta, Kamis.

Zulpan mengatakan seberat 3,4 ton yang dikubur di Depok itu telah diganti oleh JNE selaku penyedia layanan antar bansos. Karena itu, masyarakat tetap menerima bantuan sesuai hak masing-masing.

“Kita sudah cek data semua bantuan dari pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak ini tersalurkan semua,” ujar dia.

Zulpan menjelaskan, alasan pihak JNE melakukan penguburan bansos yang rusak itu karena merupakan salah satu mekanisme perusahaan. “Kenapa ditanam karena ini mekanisme yang dimiliki JNE sebagai perusahaan dalam memusnahkan barang yang rusak. Jadi penanaman dalam rangka pemusnahan barang rusak,” ujar Zulpan.

Dia juga mengatakan, pihak JNE sebagai jasa kurir yang mengantarkan bansos dengan berat 3,4 ton itu telah mengganti kerusakan kepada Kementerian Sosial.

Zulpan mengatakan, pihak JNE juga telah menunjukkan bukti dokumen penggantian rusak tersebut kepada pihak Kepolisian. Dengan adanya penggantian kerusakan itu negara tidak dirugikan akibat insiden rusaknya beras bansos saat diambil dari gudang penyimpanan.

“Dengan adanya kerusakan beras yang diganti itu, negara tidak dirugikan. Kemudian masyarakat juga tidak dirugikan karena masyarakat yang menerima bantuan ini tersalurkan,” tutur Zulpan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here