Monday, 6 May 2024
HomeNasionalTetap Lanjut, Surat Pengunduran Diri Sambo Tidak Pengaruhi Sidang Etik

Tetap Lanjut, Surat Pengunduran Diri Sambo Tidak Pengaruhi Sidang Etik

Bogordaily.net – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, surat pengunduran diri yang diajukan Irjen tidak memengaruhi sidang komisi kode etik Polri (KKEP) hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022.

Diketahui, Sambo telah mengajukan pengunduran diri kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Tidak ada (pengaruh surat pengunduran diri), konteksnya berbeda,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, dikutip dari Kompas, Kamis, 25 Agustus.

Sambo sebagai anggota Polri memiliki hak untuk mundur. Tetapi, proses harus tetap berjalan untuk membuktikan dugaan ketidakprofesionalan di kasus pembunuhan Brigadir J.

“Pelaksanaan ini membuktikan ketidakprofesionalan yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas kepolisian,” kata Dedi.

Sedianya, Kapori Jenderal Listyo Sigit Prabowo membenarkan perihal tersebut. Sebab, telah mengirim surat pengunduran diri.

“Ya suratnya ada (pengunduran diri Irjen , red),” ujar Sigit.

Hanya saja, Sigit menyatakan dengan adanya surat itu bukan berarti otomatis tak lagi menjadi bagian dari Polri. Sebab, ada aturan dalam proses pengunduran diri.

Terlebih, Polri juga sedang mempertimbangkan ihwal pengunduran diri tersebut.

“Tapi sedang dihitung oleh tim sidang karena memang ada aturan-aturannya,” kata Sigit. Sidang etik Irjen digelar di Gedung TNCC, Mabes Polri. Irjen merupakan tersangka dalang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kemudian ada empat tersangka lainnya yakni, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Maruf, dan Putri Candrawathi, istri dari sebagai tersangka.

Mereka dijerat dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) dan Pasal 56 KUHP.(*)

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here