Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalKominfo Tak Ingin Disalahkan Atas Kebocoran Data SIM Telepon Milik Pelanggan

Kominfo Tak Ingin Disalahkan Atas Kebocoran Data SIM Telepon Milik Pelanggan

Bogordaily.net – Kebocoran data sudah tak asing lagi bagi pengguna telepon genggam. Atas kebocoran data pelanggan ini, disalahkan atas dugaan kebocoran data pendaftaran kartu SIM telepon.

Informasi yang berdar mengatakan bahwa, kebocoran data ini diakibatkan oleh kelalaian . Miliaran data pendaftar kartu SIM yang bocor ini telah beredar di forum pasar gelap.

Melalui keterangan resmi, mengaku telah melakukan penelusuran internal terkait kebocoran data ini.

Bocoran data ini mencakup nomor induk kependudukan (NIK), nomor telepon, nama penyedia atau provider, hingga tanggal pendaftaran kartu SIM.

menjelaskan bahwa mereka sedang melakukan penelusuran internal atas terjadinya kebocoran data pendaftaran katu SIM telepon ini.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan penelusuran internal. Dari penelusuran tersebut, dapat diketahui bahwa Kementerian tidak memiliki aplikasi untuk menampung data registrasi prabayar dan pascabayar,” dikutp dari websitet .go.id.

juga menyebutkan bahwa kebocoran data tidak dilakukan oleh , tetapi dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Berdasarkan pengamatan atas penggalan data yang disebarkan oleh akun Bjorka, dapat disimpulkan bahwa data tersebut tidak berasal dari Kementerian ,” tulis .

Dugaan kebocoran data tersebut sedang diselidiki dari mana mulanya.

“Kementerian Kominfo sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait sumber data dan hal-hal lain terkait dengan dugaan kebocoran data tersebut,” tulis Kominfo.

Dengan begitu, sampai sekarang kebocoran data tersebut belum diketahui siapa yang membocorkannya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here