Sunday, 12 May 2024
HomeKabupaten BogorLongsor Terjang Cigudeg Bogor, Jalanan Retak hingga Tiang Listrik Roboh

Longsor Terjang Cigudeg Bogor, Jalanan Retak hingga Tiang Listrik Roboh

Bogordaily.net–  Pergeseran tanah hingga mengakibatkan terjadi di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan , tersebut, Sabtu, 17 September 2022 pagi. Meski tak menelan korban jiwa, tetapi akses jalan menuju kampung menjadi terhambat.

Informasi yang dihimpun Bogordaily.net dari sebuah video yang diperoleh, terlihat tanah menutupi jalan yang biasa dilintasi oleh warga. Tanah bergeser membuat jalanan retak. Tak hanya itu, sebuah tiang listrik dan pepohonan juga ambruk.

Camat Pardi mengatakan wilayah tersebut rawan bahkan beberapa tahun silam juga pernah terjadi .

“Tadi pagi kejadiannya, karena kemarin itu terjadi hujan deras sehingga terjadi . Alhamdullilah enggak ada korban itu kan wilayahnya pegunungan,” kata Pardi kepada wartawan, Sabtu, 17 September 2022.

Namun, tersebut mengakibatkan akses jalan penghubung ke Kampung Cibugis retak, tiang listrik, dan pepohonan roboh sehingga masyarakat diimbau tetap waspada.

“Untuk warga yang terdampak mengantisipasi susulan sudah dievakusi oleh pihak desa itu sekitar 23 KK,” katanya.

Sebelumnya, di tempat terpisah tanah bergerak terjadi di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor. Hal tersebut diduga akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini di area Bogor Raya.

Tanah bergerak itu membentang di Kampung Curug RW009 dan RW 015, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor. Retakan juga mengakibatkan rumah warga ambruk serta akses jalan yang sulit menyebabkan warga terisolir.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tetapi dari total keseluruhan 177 KK (Kepala Keluarga), terdapat 75 orang terdampak dari 20 KK.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam menuturkan masyarakat dievakuasi ke rumah warga yang aman di sekitar wilayah tersebut. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here