Misteri Nogo Runting, Keris Sakti Milik Prabu Siliwangi

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 17 Sep 2022 19:03 WIB

Misteri Nogo Runting, Keris Sakti Milik Prabu Siliwangi


 Ilustrasi. Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi di Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon. (Dok. Times Indonesia/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi di Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon. (Dok. Times Indonesia/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Prabu Siliwangi konon memiliki keris Nogo Runting. Sebagai Raja Sunda, Prabu Siliwangi memiliki beberapa keris pusaka yang sakti mandraguna. Salah satunya Nogo Runting yang bentuk gagangnya berupa kepala naga.

Konon keris Nogo Runting disebut Naga Runting Mata Emas lantaran di dalamnya terdapat mata logam emas pada Lidah Naga sebagai maskot pada keris tersebut.

Dilansir Okezone.com, keris yang dibuat oleh empu kepercayaan Kerajaan Pajajaran, Mpu Anjani dan Mpu Welang ini berasal dari paku bumi. Material itu diperoleh Prabu Siliwangi saat bertapa brata di kaki bukit Gunung Salak.

Untuk memperoleh material tersebut, dikisahkan, Prabu Siliwangi harus mengalahkan makhluk penunggu wilayah Gunung Salak. Konon, makhluk penunggu itu berbentuk ular besar, ada pula yang menyebutkan sesosok makhluk berbentuk naga.

Singkatnya, Prabu Siliwangi mengalahkan makhluk tersebut dengan serangan kesaktian jurus macan putih yang dimilikinya. Sang naga memberikan mustikanya yang berbentuk paku berbahan emas.

Setelah melewati beberapa proses paku emas itu berubah menjadi sepucuk keris berbentuk naga dan memiliki lekuk atau Luk 13, kemudian disempurnakan oleh empu kepercayaan kerajaan. Untuk memenuhi keinginan sang Prabu, kedua empu melakukan puasa selama 40 hari 40 malam agar keris yang dibuat memiliki karomah.

Sementara itu Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja atau yang lebih dikenal dengan sebutan Prabu Siliwangi. Namanya begitu masyhur di kalangan masyarakat Tatar Sunda. Putra dari Prabu Dewa Niskala, anak Mahaprabu Niskala Wastu Kancana, ini sangat dihormati oleh masyarakat Sunda hingga saat ini. Di era kepemimpinan Prabu Siliwangi, Kerajaan Sunda Galuh yang beribu kota di Pakuan Pajajaran, mencapai puncak kejayaan.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri