Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Lifestyle · 28 Sep 2022 18:45 WIB

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?


 Ilustrasi berhubungan seks. (Unsplash/We-Vibe WOW Tech/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi berhubungan seks. (Unsplash/We-Vibe WOW Tech/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Dalam dunia medis ternyata tak ada istilah kecanduan seks. Secara teknis, perilaku ini tidak sama seperti kecanduan narkoba atau alkohol. Meskipun kecanduan seksual belum tentu merupakan gangguan mental, itu bisa menjadi indikator kondisi mendasar yang lebih serius. Lalu apakah kecanduan seks itu nyata?

Berdasarkan Insider yang dilansir Suara.com, kecanduan seks bukanlah kecanduan nyata seperti pada obat-obatan atau alkohol. Tubuh secara fisiologis tidak mendambakan seks.

Sebaliknya, efek yang didapat saat berhubungan seks lah yang membuat seseorang mendambakannya, seperti pelepasan dopamin. Ini dikenal sebagai perilaku seksual kompulsif.

Perilaku seksual kompulsif adalah ketika seseorang memiliki fantasi, dorongan, dan perilaku seksual yang berlebihan. Pikiran dan perilaku tersebut sulit dikendalikan, dapat menyebabkan seseorang tertekan, mengganggu hubungannya serta pekerjaannya, dan berdampak negatif pada kesehatannya.

“Terlibat dalam perilaku seksual memicu dopamin, hormon yang mengaktifkan ‘sirkuit saraf penghargaan’ otak,” kata profesor psikiatri di New York Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine, Gail Saltz, dilansir Insider.

Singkatnya, seseorang menginginkan lebih karena berhubungan seks terasa memuaskan.

Sementara itu kecanduan obat-obatan dan lakohol terjadi karena zat tersebut mengubah fungsi otak hingga membuat keinginan menjadi kebutuhan.

Oleh karena itu, kecanduan narkoba dan alkohol diklasifikasikan sebagai gangguan kesehatan mental oleh American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5).

DSM-5 tidak mengklasifikasikan kecanduan seks sebagai gangguan kesehatan mental karena tidak seperti pecandu narkoba, mereka yang terlibat dalam perilaku seks kompulsif tidak membutuhkan seks secara fisik.

“Pecandu seks juga tidak akan mengalami gejala penarikan seperti kegelisahan, tekanan darah tinggi, dan malaise jika tidak melakukannya,” jelas psikolog klinis di Albuquerque, New Mexico, David Ley.

Perilaku seksual kompulsif menjadi gangguan ketika memengaruhi fungsi seseorang dan membuat mereka tidak menjalani kehidupan secara buruk.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Beres Syuting Panjang, Aktor Egy Fedly Healing Ajak Hewan Peliharaannya ke Bree Coffee and Kitchen

9 Desember 2022 - 19:25 WIB

Ramalan Zodiak Anda Hari Ini Jumat, 9 Desember 2022

9 Desember 2022 - 07:54 WIB

zodiak 9 desember

Siapa Juara Grand Final Dangdut Academy 5? Ini Hasil Pollingnya!

9 Desember 2022 - 00:07 WIB

Grand Final Dangdut Academy 5

Ramalan 12 Zodiak Jumat 9 Desember 2022: Karir, Asmara & Peruntungan

8 Desember 2022 - 23:40 WIB

Ramalan Zodiak Hari Ini

Jumat Apa Hari Ini Menurut Kalender Jawa? Simak Penjelasannya di Sini

8 Desember 2022 - 22:49 WIB

Jumat Apa Hari Ini

Aplikasi AI Avatar Mod APK Tinggal Klik, Cek di Sini!

8 Desember 2022 - 20:40 WIB

Download Aplikasi AI Avatar Mod APK Tinggal Klik. Cek Di Sini!
Trending di Lifestyle