Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalTak Ingin Data Bocor, Menkominfo Sarankan Masyarakat Agar Sering Ganti Password

Tak Ingin Data Bocor, Menkominfo Sarankan Masyarakat Agar Sering Ganti Password

Bogordaily.net – Kasus kebocoran miliaran data card di forum gelap, membuat Menteri Komunikasi dan Informatika () Johnny G. Plate menyarankan agar masyarakat Indonesia untuk sering ganti kata sandi atau platform digital pada semua perangkat.

Menurutnya, tindakan tersebut bisa mencegah dari pembobolan keamanan digital.

“Kita punya platform-platform digital dan semua di perangkat kita harus selalu kita ganti -nya, one time itu harus selalu diganti, sehingga kita bisa jaga agar tidak bisa diterobos. Kalau kita tidak menjaganya dan ada kebocoran karena kelalaian kita, ini jadi soal yang besar karena data ini begitu pentingnya,” ujar Johnny.

One time (OTP) sendiri adalah salah satu lapisan keamanan saat transaksi online perbankan. OTP mulai banyak digunakan beberapa tahun belakangan seiring makin maraknya perbankan digital dan transaksi keuangan digital lainnya.

Menurut dia, dengan tindakan tersebut masyarakat dapat terhindari dari pembobolan keamanan digital.

“One time itu harus selalu diganti sehingga kita bisa jaga, agar tidak bisa diterobos,” ujar Johnny.

Sementara itu, atas kasus kebocoran data tersebut, pun menilai kedisiplinan dalam menjaga data pribadi itu penting agar tak memicu kebocoran yang sering kali jadi ajang saling tunjuk kesalahan.

Johnny mengatakan, persoalan keamanan data pribadi begitu penting dan menjadi salah satu isu prioritas yang dibahas dalam G20 di Bali.

“Terkait data dan secara khusus kita harus menjaga data di dalam negeri kita dan yang dibicarakan di DEWG (Digital Economy Working Group) adalah crossboarder-nya,” tutur Johnny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here