Monday, 29 April 2024
HomeNasionalKondisi Terkini Pasca Longsor di Cadas Pangeran

Kondisi Terkini Pasca Longsor di Cadas Pangeran

Bogordaily.net–  Sebuah bongkahan batu besar ke jalan dan menimpa mobil serta warga di , Sabtu, 29 Oktober 2022 sore kemarin. Akibatnya sejumlah orang luka-luka karena tertimpa bongkahan batu besar.

Informasi yang dihimpun tebing setinggi sekitar 50 meter dengan membawa material bongkahan batu besar terjadi di Jalan Raya Bandung-Cirebon, tepatnya di Kawasan , Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang sekitar pukul 15.30 WIB.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumedang, Adang mengatakan penyebab di diduga karena kondisi permukaan tanah sudah mencapai titik jenuh atau serapan air sudah mengenai posisi kedap air.

“Ketika tanah sudah jenuh, resapan air sudah sampai pada posisi kedap air, dan ketika sudah sampai posisi itu maka lapisan tanah mudah bergeser,” ujar Adang sebagaimana dilansir dari detikJabar.

Akibat peristiwa tersebut 10 orang menjadi korban. Korban yakni 6 orang penumpang mobil Honda Freed yang merupakan warga Antapani City 4 No 11, Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani, Kota Bandung. Mereka yakni Sheril (8), Fatar (5), Kimmi (1) selamat dari peristiwa tersebut. Sedangkan Cindi ( 31) dan Neta (20) mengalami luka berat serta satu korban Rizal (33) luka ringan.

Kemudian empat penumpang mobil Toyota Fortuner warga Desa Timbang Reja, Kecamatan Lebak Siu, Kabupaten Tegal yakni Muhammad Masruri (74) mengalami luka sedang, Mapriatun (70) dan Danu Nur Julianto (28) selamat serta Siti Nurkhaliza (25) luka ringan.

Seluruh korban longsor di telah dibawa ke RSUD Sumedang.

“Dua orang yang mengalami luka berat akibat mengalami dislokasi pada bagian kaki dan tangan,” kata Atang.

Sementara itu dampak longsor di , arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Sumedang atau sebaliknya di kawasan tersebut, diberlakukan sistem buka-tutup. Tim gabungan mengevakuasi bongkahan batu besar yang menutupi sebagian badan jalan.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan hal tersebut lantaran sebagian badan jalan ada yang masih terhalang oleh bongkahan bebatuan besar.

Humas BPBD Jabar Andrie Setiawan mengatakan, kini bongkahan batu besar yang sebelumnya menutup jalan sudah dipindahkan.

“Hanya masih dalam penjagaan pihak kepolisian,” kata Andrie.

Ia menjelaskan, jalan di lokasi longsor di sudah dipasang papan peringatan dan rambu-rambu lalu lintas rawan terjadi longsor.

Para pengendara yang kerap melintas di jalan yang rawan terjadi longsor dan bencana lainnya pun diimbau untuk berhati-hati.

Sebelumnya diberitakan longsor terjadi di Jalan Raya , Kabupaten Sumedang Sabtu, 29 Oktober 2022 sore menimpa dua kendaraan yang melintas.

Longsor itu melepaskan batu-batu besar dari cengkeraman tanah tebing di kiri jalan arah Bandung-Sumedang.

Dua unit mobil mengalami kerusakan parah yakni adalah Fourtuner bernomor polisi G 8336 WP dan Honda Freed bernomor polisi B 2622 UBB.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here