Friday, 3 May 2024
HomeHiburanMakin Tua Teman Makin Sedikit, Ternyata Ini Penyebabnya

Makin Tua Teman Makin Sedikit, Ternyata Ini Penyebabnya

Bogordaily.net– Kebanyakan orang sering merasa tidak punya dan lingkup pertemanan semakin kecil seiring pertambahan usia alias semakin tua. Apalagi kalau sudah menikah dan punya anak. Selain sibuk dengan urusan pekerjaan, waktu juga menjadi lebih diprioritaskan untuk keluarga. Dari penelitian ternyata, memasuki usia 30 hingga 40-an, orang dewasa mengaku cenderung kehilangan dan mengasingkan diri dari  orang sekitar. Dilansir Suara.com, dalam kehidupan seseorang, ada siklus pertemanan berdasarkan usia.

Masa anak-anak dan remaja jadi masa pertemanan paling banyak

Para ahli percaya kebanyakan individu merasa mudah untuk berteman di lingkungan yang tidak ada tekanan. Oleh karena itu, taman kanak-kanak, sekolah, dan perguruan tinggi menjadi tempat yang indah untuk bertemu dengan orang-orang dengan cara berpikir yang sama dan pada akhirnya menjadi dekat.

Psikolog melaporkan bahwa tempat kerja bukanlah tempat yang ideal untuk mencari karenaa banyak tekanan juga persaingan karier untuk mendapatkan pengakuan dan kesuksesan yang lebih besar di kantor. Kondisi itu membuat lebih sulit untuk membangun ikatan yang langgeng dalam pertemanan.

Orang dewasa lebih pemilih menentukan orang-orang di sekitarnya

Remaja dan dewasa muda mungkin memiliki lingkaran besar dekat juga segelintir sahabat yang mereka percayai. Namun seiring berjalannya waktu dan mereka memasuki usia akhir 20-an, orang-orang bertanya pada diri sendiri apakah pertemanan itu benar-benar menambah nilai dalam hidup mereka. Maka dimulailah seseorang mengaudit lingkaran pertemanannya dan mengurangi sahabat menjadi kenalan yang kadang-kadang tidak dapat diandalkan.

Menghindar dari orang toxic

Memasuki usia 30-an, seseorang mulai menyadari bila ada orang-orang toxic di sekitarnya. Secara natural, akan menghindari orang-orang seperti itu untuk membuat hidupnya lebih tenang. Tindakan itu membuat pertemanan jadi lebih sedikit. Namun lingkaran pertemanan yang lebih dekat akan terasa lebih berarti.

Mulai usia 30 hingga 40-an tahun, seseorang akan secara alami berteman dengan orang-orang yang dianggapnya paling penting, merasa dihargai, dan tetap nyaman. Meskipun mungkin yang dimiliki lebih sedikit, tetapi, mereka bisa selalu menjadi orang yang dapat diandalkan dalam situasi apa pun.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here