Wednesday, 15 May 2024
HomeKabupaten BogorAsal Usul Nama Geopark Pongkor, Simak Penjelasannya

Asal Usul Nama Geopark Pongkor, Simak Penjelasannya

Bogordaily.net–  Pongkor merupakan nama gunung di Kecamatan Nanggung, yang menjadi lokasi kegiatan penambangan emas PT Antam Tbk. Tambang emas Pongkor menjadi ikon penting di dalam .

“Geologi dinilai sangat luar biasa karena memiliki ke khas-an tersendiri yang dinilai berkelas internasional. Maka diputuskan geopark ini adalah ,” terang Anggota Tim Percepatan Geopark Nasional Pongkor, Denny Sukamto.

Geopark terintergrasi menjadi tiga pilar komponen alam dan budaya yaitu konservasi, edukasi dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Dalam kegiatan seminar yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbang), pada Kamis, 3 November 2022 dijelaskan bahwa geopark adalah sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan yang memiliki situs warisan geologi (geosite) dan bentang alam yang bernilai.

Seminar strategis pengembangan geoproduk di wilayah Geopark Nasional Pongkor, pada Kamis, 3 November 2022. (Mutia/Bogordaily.net)

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam (PSDA) Bappedalitbang , Rahmi Karmelia pada saat memberikan penjelasan di hadapan pemangku kepentingan.

Ia menjelaskan, mempunyai 40 kecamatan yang tersebar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 kecamatan di sudah dideliniasi sebagai wilayah Geopark Nasional Pongkor.

Delapan kecamatan di wilayah geopark sudah dilakukan sosialisasi dan rapat koordinasi geoproduk selama delapan kali pertemuan melalui Focus Group Discussion (FGD) dan rapat koordinasi (Rakor). Kegiatan ini membahas lebih lanjut strategis pengembangan geoproduk di wilayah tersebut.

“Geopark Nasional Pongkor terdiri dari lembah dan pegunungan yang sangat layak menjadi objek wisata karena sudah terdapat beberapa kawasan wisata alam,” kata Kepala Bidang PSDA Bappedalitbang , Rahmi Karmelia, pada Kamis, 3 November 2022.

Sementara itu, tujuan pembangunan geopark ini kata Denny, sebagai pembangunan ekonomi lokal, regional dan nasional, pembangunan dan pertumbuhan wilayah agar berkelanjutan.

Selain itu, manfaat lain yakni dapat dijadikan tempat konservasi, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, melestarikan sumber daya alam dan juga sebagai edukasi. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here