Saturday, 11 May 2024
HomeKabupaten BogorDampak Gempa Cianjur, 66 Warga Kabupaten Bogor Ngungsi

Dampak Gempa Cianjur, 66 Warga Kabupaten Bogor Ngungsi

Bogordaily.net–  Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) menyebut terdapat 66 orang warga yang mengungsi akibat gempa M 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

“Sebanyak 66 jiwa mengungsi, terbanyak di Desa Cibeureum, Kecamatan , dengan 59 jiwa,” kata Jalaludin kepada Bogordaily.net, Jumat, 25 November 2022.

Kemudian kata dia, para korban akibat sebagian juga telah dirawat di rumah sakit di wilayah , yakni RSUD Ciawi dan RSUD Cileungsi.

Sebelumnya Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Jalaludin mengatakan, jumlah rumah warga yang terdampak ini tersebar di tujuh kecamatan di antaranya, , Megamendung, Ciawi, Cigombong, Caringin, Cijeruk, dan Sukamakmur.

“Berada di 28 desa atau kelurahan dengan 55 kampung,” kata Jalaludin dalam keterangannya pada Kamis, 24 November 2022.

Dalam data yang diberikan BPBD dari 163 rumah yang terdampak, rinciannya yakni 124 rumah rusak ringan, 34 rusak sedang, 4 rumah rusak berat, dan 1 rumah terancam.

“Ada sebanyak 167 KK dengan total 746 jiwa yang terdampak. Juga ada yang terancam 1 KK dengan 5 jiwa dan 4 KK dengan 66 jiwa mengungsi,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam dampak ini. Hanya saja, terdapat dua orang di wilayah Kecamatan Sukamakmur yang mengalami luka ringan karena tertimpa material bangunan.

Sementara itu di sisi lain, trauma dan takut atas terjadinya gempa magnitudo 5, 6 guncang Cianjur pada Senin, 22 November 2022 lalu, membuat keluarga asal Kampung Mangun, Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang, Cianjur memilih mengungsi ke rumah keluarganya di Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, . Satu keluarga itu berjumlah 16 orang terdiri dari orang tua, remaja dan anak kecil serta satu orang bayi dan ibu hamil.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here