Friday, 26 April 2024
HomeNasionalTerkini! Gempa M 5,3 Guncang Pangandaran, Tak Berpotensi Tsunami

Terkini! Gempa M 5,3 Guncang Pangandaran, Tak Berpotensi Tsunami

Bogordaily.net bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang , Jawa Barat pada hari ini Minggu, 20 November 2022 pukul 01.28 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa episentrum berada di titik 8.11 LS,107.87 BT atau 82 km barat daya , Jawa Barat di kedalaman 24 km.

“Wilayah selatan Garut, Jawa Barat diguncang tektonik,” tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dikutip dari Tempo.com, Minggu, 20 November 2022.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,1. Episenter bumi terletak pada koordinat 8,01° LS ; 107,89° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah selatan Cibalong, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 70 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, bumi yang terjadi merupakan jenis bumi menengah akibat adanya aktivitas patahan dalam Lempeng Indo-Australia,” tambahnya dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Di daerah dan Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Di daerah Bandung Barat, Ciamis, Cilacap, Kab. Bandung, dan Kota Bandung dengan skala intensitas II MMI.

Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi di ini tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, hingga pukul 02.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here