Sunday, 19 May 2024
HomeKabupaten BogorWakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim Sebut Penanganan Bencana Sudah Melalui...

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim Sebut Penanganan Bencana Sudah Melalui BTT

Bogordaily.net , Agus Salim mengatakan untuk di Bojong Koneng dan Bogor Barat, sudah dialokasikan melalui Anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang bersumber dari APBD .

“Untuk di Bojong Koneng dan yang di Bogor Barat kemarin itu sudah ada penanganannya melalui jalur BTT,” kata Agus Salim kepada Wartawan

Menurut Politisi PKS itu, Anggota Dewan, bersama badan anggaran juga dengan Sekretaris Daerah (Sekda) , sudah menyepakati terkait akan memakai sistem Karya Bakti.

“Kita akan masuk dengan sistem Karya Bakti, itu adalah sama kaya TMMD. Jadi jika ada musibah, banjir ada tempat-tempat terdampak musibah, lebih dari dua pekan kan beda ada regulasi yang agak ribet juga. Tapi ada namanya Karya Bakti ini yang kita akan anggarkan paling mungkin 50 juta 100 juta atau Rp10 juta gitu kan kecil-kecil. Lalu nanti kita kasih ke TNI untuk turun mengerjakan sesuai dengan kebutuhannya saja,” jelasnya.

Untuk rumah warga yang hancur karena bencana, lanjut Agus Salim, kemarin ada beberapa komitmen sedang dibicarakan. Semuanya sudah maksimal dengan bantuan yang diupayakan oleh DPRD berupa anggaran.

“Itu semua sudah ada anggarannya, mulai dari jalannya, sekolahannya kemudian juga relokasi dan juga untuk pembangunan ulang itu sudah sudah masuk semuanya. Untuk total anggarannya saya lupa, tapi sudah masuk itu masuknya kalau enggak salah melalui BTT,” jelasnya.

Saat ini, untuk proses penanganannya sudah sebagian, jika tidak sampai tuntas, nantinya masuk di anggaran tahun 2023 awal. Pengalokasian ada jalurnya yaitu melaui Dinsos, kemudian BPBD. Akan tetapi biasanya semua itu sudah ada untuk penanganan.

“Setelah di assesment lalu kebutuhannya apa saja insya Allah anggarannya sudah ada. Meskipun BTT selalu kita tambah karena potensi bencana di Kabupaten itu kan tinggi ya sesuai dengan kemampuan juga, hari ini masih devisit. Makanya dari itu berbagai program dari dinas yang enggak priority kami minta untuk dipotong dulu,” pungkasnya. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here