Thursday, 25 April 2024
HomeKota Bogor2.300 Warga Kota Bogor Terdaftar KTP Digital di Disdukcapil

2.300 Warga Kota Bogor Terdaftar KTP Digital di Disdukcapil

Bogordaily.net– Sebanyak 2.300 warga tercatat sudah terdaftar pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital. Pendaftaran tersebut merupakan langkah untuk mensiasati stok blangko yang hampir habis di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) .

Kepala Disdukcapil Sujatmiko Baliarto mengatakan, sejak November 2022, masyarakat sebenarnya sudah bisa mendaftarkan digital KTP. Hingga saat ini, kurang lebih sekitar 2.300 warga tercatat sudah terdaftar.

“KTP digital mulanya hanya akan diberlakukan pada internal pegawai Disdukcapil, dan bertahap dilakukan pendaftaran untuk ASN di ,” kata Kepala Disdukcapil , Sujatmiko Baliarto kepada wartawan, Jumat 30 Desember 2022.

Ia menerangkan, KTP digital kemudian dialihkan untuk masyarakat umum. Terlebih, sejak stok blangko semmakin sedikit dan saat ini sudah tidak tersedia lagi, untuk itu warga bisa mendaftar KTP digital.

Menurut dia, saat ini Disdukcapil juga bergerak melakukan pendataan KTP digital ke sekolah-sekolah, hingga perguruan tinggi salah satunya Universitas Pakuan Bogor. Hal tersebut tentunya untuk mensiasati menipisnya blangko .

Untuk mendapatkan KTP digital, kata Sujatmiko, masyarakat harus melakukan langkah-langkah instalasi aplikasi terlebih dahulu. Pertama harus mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore, atau scan barcode pada stand yang disediakan di Kantor Disdukcapil.

Kemudian, mengisi data berupa NIK, e-mail aktif dan nomor handphone, serta melakukan swafoto atau selfie. Setelah itu, Sujatmiko menambahkan, pemohon akan diarahkan melakukan Scan QR Code ke petugas Disdukcapil.

Setelah melalui proses registrasi, pengguna bisa langsung login untuk mengakses aplikasi Identitas Kependudukan Digital. Buka email yang telah terdaftar dan klik link aktivasi yang ada pada email, lalu masukan kode aktivasi registrasi dan captcha.

“Setelah melalui proses registrasi, pengguna bisa langsung login untuk mengakses aplikasi Identitas Kependudukan Digital,” jelas Sujatmiko. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here