Tuesday, 7 May 2024
HomeBerita6 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Nyeri Punggung

6 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Nyeri Punggung

Bogordaily.net – Beragam jenis pengobatan tersedia di masa sekarang, salah satunya adalah akupuntur yang merupakan praktik kuno dan berakar pada ilmu pengobatan tradisional Cina. Berikut ini, sederat untuk .

Metode pengobatan Akupuntur menggunakan jarum kecil yang dimasukkan ke dalam kulit untuk membantu menyeimbangkan energi seseorang.

Metode akupuntur ini juga merupakan penyembuhan alami dengan menyeimbangkan , pikiran, dan jiwa serta memulihkan keseimbangan energi secara keseluruhan sehingga dapat membantu seseorang mendapatkan yang optimal tanpa pengobatan medis invasif.

Berikut adalah beberapa manfaat terapi akupunktur untuk , yang dilansir dari Alodokter:

1. Mengatasi migrain dan sakit kepala
Terapi akupunktur yang dilakukan dengan tepat pada titik-titik tertentu diketahui dapat merangsang saraf untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang bertanggung jawab untuk mengurangi rasa sakit, sehingga membantu mengatasi migrain dan sakit kepala.

2. Mengurangi nyeri punggung bawah
Terapi akupunktur menunjukkan hasil yang positif dalam memperbaiki kemampuan penderita nyeri punggung dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini karena hormon endorfin yang dilepaskan saat akupunktur dapat menurunkan nyeri punggung bawah sehingga membuat penderitanya lebih leluasa untuk melakukan aktivitas.

3. Meredakan radang sendi
Penyakit radang sendi atau arthritis, terutama yang terjadi di lutut, terbukti bisa diredakan melalui akupunktur. Bila artritis pada lutut masih ringan atau sedang, akupunktur dapat membuat kondisi ini membaik. Sementara jika kondisi artritis lebih berat, diperlukan kombinasi akupunktur dengan obat antinyeri dan fisioterapi.

4. Memperlambat penuaan kulit
Terapi akupunktur dikatakan dapat memperlambat penuaan dengan memperbaiki elastisitas wajah. Terapi ini dikenal dengan istilah akupunktur kosmetik yang dilakukan dengan menusukkan jarum pada titik-titik tertentu di kepala, wajah, dan leher. Meski begitu, efektivitas akupunktur dalam bidang kecantikan masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Membantu mengatasi obesitas
Studi menunjukkan bahwa terapi akupunktur dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan stres, serta menekan nafsu makan sehingga dapat mendukung penurunan berat badan. Namun, untuk mengatasi obesitas dengan akupunktur tetap dibutuhkan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

6. Mempercepat pemulihan pasien stroke
Akupunktur dapat dilakukan sebagai terapi komplementer untuk penderita stroke. Studi menyebutkan bahwa penderita stroke yang mendapatkan terapi akupunktur mengalami peningkatan kemampuan dalam menggerakkan pergelangan tangan dan bahu, dibandingkan penderita yang tidak mendapatkan terapi ini.

Tak hanya itu, akupuntur dinilai dapat membantu meringankan rasa sakit dan rasa tidak nyaman akibat stroke. Dalam studi lainnya, ditunjukkan bahwa terapi akupunktur yang ditambah dengan fisioterapi bisa memberi hasil yang lebih baik sebagai pengobatan suportif pascastroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here