Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalKronologi Kecelakaan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang Memakan Korban Jiwa Dua WNA...

Kronologi Kecelakaan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang Memakan Korban Jiwa Dua WNA Meninggal Dunia

Bogordaily.net – Kronologi pada Minggu, 18, Desember 2022 jadi topik hangat publik. Apalagi, kecelakaan itu memakan korban jiwa. Dua Warga Negara Asing (WNA) meninggal dunia akibat kecelakaan itu.

Insiden tabrakan terjadi antara lokomotif kereta cepat dan kereta teknis itu terjadi di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu, 18 Desember 2022. Dua warga negara asing (WNA) asal China meninggal dunia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta membenarkan kejadian tersebut. “Betul (WNA China), informasi dari Polda Jawa Barat, pekerja teknis,” kata Dedi dikutip dari ANTARA.

Tak hanya korban meninggal dunia, kecelakaan tersebut juga mengakibatkan empat orang mengalami luka berat.

Kronologi

Diketahui pada Minggu, 18 Desember 2022 telah terjadi kecelakaan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung saat sedang pemasangan rel. Mulanya, lokomotif kereta cepat itu melaju kencang dari wilayah Kicau Bojong Koneng.

Tak lama kemudia setibanya di Kampung Cempaka Mekar, kereta tersebut lepas dari ujung rel yang sedang dipasang dan terjadi tabrakan dengan kereta teknis. Tabrakan cukup hebat pun terjadi dan tak bisa dihindarkan.

Merespon kecelakaan tersebut, Polri menurunkan tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) dan Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) untuk mengecek kecelakaan kereta cepat tersebut. Tim Inafis sudah mengidentifikasi para korban, baik yang meninggal maupun luka-luka.

Berdasarkan hasil identifikasi diketahui dua WNA asal China yang meninggal dunia merupakan laki-laki bernama Chang Shin Shang (40) dan Chang Shin Yung (36).

Selain itu tiga dari empat korban luka-luka juga berjenis kelamin laki-laki dan merupakan warga negara China yakni Wang Jiji, Jie Thencang, dan Chao Qianyo. Sementara seorang lainnya belum diketahui identitasnya.

Pasca kejadian penyidik Polda Jawa Barat juga telah memeriksa 18 saksi yang dimintai keterangan terkait peristiwa tersebut dan juga mencari tahu penyebab kecelakaan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait serta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Demikian kronologi yang terjadi pada Minggu, 18, Desember 2022 hingga memakan korban jiwa dua WNA meninggal dunia.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here