Thursday, 25 April 2024
HomePolitikPentolan PSI Ramai-Ramai Cabut, Siapa Saja?

Pentolan PSI Ramai-Ramai Cabut, Siapa Saja?

Bogordaily.net–  Pentolan Partai Solidaritas Indonesia () satu per satu mengundurkan. Kekinian ada nama Michael Victor Sianipar yang mengumumkan mundur dari pada Senin 5 Desember 2022 lalu.  Sebelum Michael, ada beberapa kader yang juga mengundurkan diri di saat yang berdekatan. Siapa saja? Dilansir Suara.com, berikut pentolan yang memilih mengundurkan diri.

Sunny Tanuwidjaja

Sebelumnya Sunny Tanuwidjaja tercatat sebagai elite Partai Solidaritas Indonesia (). Ia kemudian mundur dari jabatannya dan disebut karena ingin membantu Anies Baswedan. Hal tersebut kemudian dibenarkan Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie. Menurutnya, Sunny mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Dewan Pembina . Posisi Sunny di partai kemudian diisi Raja Juli Antoni yang sebelumnya menjabat Sekretaris Jenderal .

Menurut Grace mundurnya Sunny dari lantaran ingin mengambil jalan politik yang berbeda dengan partai tersebut, yakni mendukung atau membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tsamara Amany

Keputusan Tsamara Amany yang menjabat sebagai Ketua DPP mundur dari PSI kala itu cukup mengejutkan. Tsamara Amany memberikan pernyataan terkait pengunduran dirinya PSI yang telah menaunginya sejak lima tahun lalu.

“Selama lima tahun mengabdi di PSI sebagai Ketua DPP per hari ini 18 April 2022, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI,” kata Tsamara melalui kanal YouTube Tsamara Amany.

Ia mengaku keputusannya mundur dari PSI merupakan pertimbangan yang dibuatnya secara pribadi tanpa campur tangan orang lain. Ia juga sedang membutuhkan perjalanan baru di luar lingkup partai politik.

Surya Tjandra

Surya Tjandra mengundurkan diri sebagai kader PSI pada Oktober lalu. Ia mengatakan keputusannya diambil lantaran ingin fokus mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang. Meski demikian, Surya belum menjelaskan lebih detil alasannya terhadap keputusan yang diambilnya tersebut. Termasuk belum menjawab apakah langkahnya mendukung Anies sudah secara konkret atau belum.

Michael Victor Sianipar

Michael Victor Sianipar merupakan adalah ketua PSI di Jakarta sejak tahun 2017 hingga 2022. Sebelumnya, Michael pernah juga menjabat ketua PSI di Kota Jakarta Pusat di tahun 2015-2017 dan pengurus DPP PSI di tahun 2021-2022.

Michael mundur dari PSI karena menilai partai berlambang tangan memegang bunga mawar itu sudah berubah dari awal pembentukannya. Hanya saja, ia tak menjelaskan secara rinci bagaimana kondisi PSI sekarang dibanding awal berdiri. Ia hanya menyatakan, perjuangan politik yang dimilikinya dapat dilanjutkan di PSI.

“Seiring berjalannya waktu, partai yang saya bayangkan dan cita-citakan, yang saya ketahui di awal, sudah jauh berubah sekarang. Sudah saatnya saya pamit dan undur diri dari PSI,” ujar Michael, Senin, 5 Desember 2022.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here