Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaAdmin Wikipedia Divonis 32 Tahun Penjara di Arab Saudi

Admin Wikipedia Divonis 32 Tahun Penjara di Arab Saudi

Bogordaily.net– Dua admin dijebloskan ke penjara di . Seorang admin bernama Khalid divonis penjara selama 32 tahun, sedangkan admin lain bernama Sofiani dijebloskan dengan hukuman delapan tahun penjara.

Dikutip dari CNN Indonesia sebagaimana diberitakan AFP, sejumlah kelompok hak asasi manusia kemudian melaporkan pengadilan yang menjebloskan dua admin .

Para aktivis dari Democracy for the Arab World Now (DAWN) dan SMEX menyebut Saudi diam-diam menyusup ke perusahaan induk , Wikimedia, dan memenjarakan dua admin level atas untuk mengontrol konten di situs web.

“Investigasi Wikimedia mengungkapkan bahwa pemerintah Saudi telah menyusup ke jajaran tertinggi tim di wilayah tersebut,” kata Democracy for the Arab World Now (DAWN) dan SMEX dalam pernyataan bersama, dikutip dari AFP.

“Penangkapan Osama Khalid dan Ziyad Al Sofiani di satu sisi, dan infiltrasi di sisi lain, menunjukkan aspek yang mengerikan tentang bagaimana pemerintah Saudi ingin mengontrol narasi dan ,” kata Direktur penelitian DAWN untuk Teluk, Abdullah Alaoudh.

Kedua admin itu disebut telah dipenjara pada saat mereka ditangkap pada September 2020.

Dua kelompok HAM menilai bobolnya Wikimedia tersebut karena pemerintah Saudi memaksa warga mereka bertindak sebagai agen. Meski demikian, hingga kini belum ada tanggapan dari pemerintah Saudi maupun Wikimedia.

Di sisi lain, Pernyataan DAWN dan SMEX ini sendiri muncul setelah Wikimedia bulan lalu mengumumkan larangan global terhadap 16 pengguna “yang terlibat dalam penyuntingan konflik kepentingan pada proyek di wilayah MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara)”.

Wikimedia menyatakan mereka dapat mengonfirmasi bahwa sejumlah pengguna yang memiliki hubungan dekat dengan pihak eksternal mengedit platform secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan mereka.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here