Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKabar Duka, Dubes RI untuk Italia M Prakosa Meninggal Dunia

Kabar Duka, Dubes RI untuk Italia M Prakosa Meninggal Dunia

Bogordaily.net–  . Muhammad Prakosa yang merupakan Duta Besar Indonesia untuk Italia , Selasa, 17 Januari 2023 di Sacro Cuore FSR Roma pada pukul 10.55 waktu setempat.

“Telah , pada hari Selasa, 17 Januari 2023 pukul 10.55 waktu setempat, di Sacro Cuore FSR Roma, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT, Dr. Muhammad Prakosa pada usia 62 tahun 10 bulan,” tulis KBRI Roma dalam rilis sebagaimana dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa, 17 Januari 2023.

“Keluarga besar Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, turut berduka cita atas meninggalnya Duta Besar Dr. Muhammad Prakosa. Semoga amal ibadah Almarhum diterima oleh Allah SWT dan diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, keikhlasan dan ketabahan,” sambung keterangan tersebut.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan telah menerima cita dari Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi.

“DPP PDI Perjuangan menerima cita dari Ibu Menlu RI, Ibu Retno Marsudi, bahwa Pak Prakosa Berkuasa Penuh untuk Itali telah dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Hasto dalam rilisnya.

“Kita sungguh kehilangan dan begitu bersedih atas berita duka cita tersebut. Kita kehilangan sosok yang rendah hati, jujur, dan menjadi keteladanan seluruh jajaran Partai,” sambung Hasto.

Ia juga mengaku telah melaporkan kabar ini secara langsung kepada Megawati Soekarnoputri.

“Beliau juga begitu bersedih. Tidak diduga berita duka itu datang secepat ini, mengingat tadi siang, Ibu Megawati baru saja membahas Pak Prakosa sambil menunjukkan pohon Saninten kenang-kenangan dari Pak Prakosa yang tumbuh begitu subur di halaman rumah Beliau di Bali,” ungkapnya.

Sementara itu Muhammad Prakosa sebelumnya dikenal sebagai anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan. Ia pernah menjabat Menteri Pertanian pada kabinet Persatuan Nasional pada era Presiden Abdurrahman Wahid.

Pada era Presiden Megawati Soekarnoputri, Muhammad Prakosa juga duduk sebagai Menteri Kehutanan hingga tahun 2004.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada pada 1982. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Tennessee Amerika Serikat mempelajari forest economics pada 1987-1989 lalu menempuh pendidikan di bidang resource economics di Universitas California, Berkeley, tahun 1989-1994.

Sebelum menjadi menteri, Prakosa juga pernah menjadi wakil ketua Perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) pada 1996-1999.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here