Friday, 17 May 2024
HomeHiburanPusing Aki Motor Baru Tetap Tidak Bisa Starter, Cek Bagian-Bagian Ini!

Pusing Aki Motor Baru Tetap Tidak Bisa Starter, Cek Bagian-Bagian Ini!

Bogordaily.net baru tapi tidak bisa starter, sering kali jadi masalah dan pertanyaan umum para pengguna sepeda motor. Lantas apa yang harus dilakukan saat kejadian itu terjadi?

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa yang harus dilakukan saat kejadian itu menimpa Anda. Jangan khawatir berikut ini akan diulas mengenai penyebab dan apa yang perlu dilakukan jika Anda mengalami hal tersebut.

Sesungguhnya, komponen ini wajib dirawat dengan sebaik-baiknya agar sepeda motor dapat selalu siap digunakan kapan saja tanpa masalah.

Jika motor dapat di-starter dengan lancar, itu juga akan menghemat banyak waktu terutama bagi sepeda motor matic yang memerlukan menggunakan standar tengahnya terlebih dahulu dan kemudian mulai mengengkol.

Hal ini tentu akan sangat merepotkan. Namun, mesin motor yang bisa di-starter kadang-kadang dapat memiliki masalah jika kurang dirawat atau sudah memasuki usia motor yang cukup tua.

Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui penyebab motor yang starternya tidak dapat dinyalakan walaupun aki dalam kondisi baru.
Ada dua jenis starter yaitu manual dan juga yang elektrik. Namun, jika starter sepeda motor tidak dapat dinyalakan, maka ini menunjukkan kerusakan pada sistem penghidupan mesin motor.

Penyebab Baru Tidak Bisa Starter

Tapi, untuk mengetahui penyebabnya pertama-tama kita harus tahu bahwa penyebab mesin tidak dapat dihidupkan serta informasi rincinya sebagai berikut :

Busi yang sudah mati

Penyebab pertama dari mesin yang tidak bisa dinyalakan biasanya ialah busi. Karena busi telah menjadi bagian penting dari mesin sepeda motor yang sering dijadikan faktor penyebab jika mesin sepeda motor rusak atau tidak dapat dihidupkan.

Busi juga menjadi salah satu suku cadang sepeda motor yang sering sekali rusak. Sehingga perawatan pada onderdil sepeda motor apalagi yang utama ialah busi, dan perlu dipertimbangkan lebih dalam lagi. Biasanya busi yang mati disebabkan oleh banyak hal seperti umur yang sudah cukup lama, kondisi cuaca yang buruk, dan juga kondisi jarak tempuh yang cukup jauh.

Sistem pengapian yang sudah tidak berfungsi dengan baik

Apabila sudah mencoba memeriksa busi, tetapi ternyata busi baru itu tidak dapat bekerja dengan baik untuk dapat menghasilkan api, maka tahap selanjutnya adalah memeriksa jalur pengapian mesin sepeda motor kita.

Tahapan pemeriksaannya adalah:

Koil : adalah alat yang berguna untuk menghasilkan listrik agar menjadi api di ruang bakar. Jika koil juga memiliki masalah, maka kita perlu memeriksa bagian selanjutnya.

Urutan pengapian yang perlu diperiksa ketika starter sepeda motor sulit untuk dinyalakan :

Koil, CDI, ECU (pada motor injeksi), Aki (pada motor dengan sistem pengapian DC), Magnet, Spul, Sistem perkabelan (urut kabel)

Bensin tidak naik ke karburator

Yang perlu dilakukan : Selang hisap atau vakum di tangki bensin terjadi masalah, skep karburator yang mengalami kemacetan, saluran selang bensin tersumbat, ada kotoran di bagian karburator, jadi harus lebih diperhatikan lagi.

Air masuk ke sistem karburasi dan pembakaran

Penyebab : Air masuk melewati ruang tangki bensin, air masuk melewati ruang karburator dan juga knalpot, air mengembun dalam ruang karburator karena terlalu lambat untuk menahan suhu dingin.

Part starter elektrik, seperti gear starter, dinamo dan bendik starter yang sudah rusak.

Untuk mesin motor yang memiliki starter elektrik, misalnya sepeda motor modern yang sedang tren saat ini, gejala yang biasanya datang yaitu mengalami suatu kegagalan untuk menghidupkan mesin sepeda motornya. Sering disebabkan oleh sistem starter pada mesin elektrik yang memiliki gangguan.

Ini semua disebabkan oleh kenyataan bahwa umur penggunaan suku cadang yang tidak lagi layak digunakan (bagian-bagian perlu diganti).
Mungkin juga ada bagian-bagian seperti gir stater, bendik starter dan juga dinamo starter yang rusak, sehingga mesin motor tidak mau menyala ketika distarter.

Sebab itu, pembaruan suku cadang serta juga pengecekan bagian-bagian di atas wajib dilakukan supaya mesin motor dapat kembali distarter.

Kualitas bahan bakar yang buruk

Bahan bakar yang masuk kategori buruk juga dapat menjadi suatu masalah berikutnya yang bisa mengakibatkan mesin motor tidak bisa dinyalakan starternya.

Masalah Pada Tombol Starter

Untuk bagian tombol starter bisa kita buka soket yang mengarah ke starter, maka hal tersebut bisa menghubungkan kabel pada soket. Dan jika starter dapat hidup, itu semua dapat dijamin bahwa tombol starter tidak lagi memiliki masalah.

Demikian ulasan dan informasi mengenai alasan dan penyebab baru tidak bisa starter. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang mengalami hal serupa. Terimakasih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here