Thursday, 28 March 2024
HomePolitikSiap Terima Kaesang, Pintu PDIP Terbuka Lebar

Siap Terima Kaesang, Pintu PDIP Terbuka Lebar

Bogordaily.net – Kesempatan putra Presiden Joko Widodo, Pangarep untuk terjun ke dunia bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () terbuka lebar.

Hal ini mendapat sambutan positif dari Sekretaris Jenderal , Hasto Kristiyanto. Ia bahkan menyarankan putra bungsu presiden Jokowi itu masuk ke , mengikuti sang ayah, Presiden Jokowi dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Apalagi di PDIP, Hasto menyebut ada “pakem” satu keluarga politisi tidak boleh berada di partai yang berbeda.

“Sekiranya () mau masuk ke PDIP, kami ini punya aturan bahwa dalam satu keluarga tidak bisa masuk dalam pilihan partai-partai yang berbeda,” kata Hasto di Bandung, Jawa Barat, dikutip dari RMOL, Sabtu 28 Januari 2023.

Hasto berujar, komitmen satu keluarga tidak masuk partai berbeda-beda itu sangat penting untuk dibangun.

“Karena itu juga menunjukkan suatu emotional bonding, kesadaran, dan pendidikan itu dimulai dari keluarga,” tutup Hasto.

Lanjutnya, dalam konteks keanggotaan, PDIP menggunakan stelsel aktif. Sehingga siapa pun harus mengajukan permohonan jika ingin bergabung ke PDIP.

“Mengapa ada stelsel aktif? Karena ketika masuk ke partai, mereka harus menyatukan diri, harus merelatifkan kepentingan individunya, dan mengedepankan kepentingan kolektif partai,” kata Hasto di Bandung, Jawa Barat.

Kepentingan kolektif partai harus diutamakan dari kepentingan pribadi. Kepentingan partai ini didorong oleh ide, pemikiran, gagasan, dan cita-cita Bung Karno dalam pemberdayaan wong cilik dan rakyat marhaen.

“Karena itu, harus muncul kesadaran bahwa berpolitik bukan untuk sekadar jalan pintas mencapai target individual, tetapi proses untuk mengikuti pendidikan , kaderisasi, serta bersedia ditugaskan oleh partai dalam bidang apa pun,” lanjut Hasto.

Di sisi lain, PDIP tidak memberi batasan kepada kader untuk menggaet anggota keluarga untuk ikut bergabung. Hal serupa juga berlaku untuk yang bisa mengikuti jejak Jokowi dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

“Untuk menjadi anggota dalam suatu keluarga, tidak ada batasan sama sekali. Dari kakek, nenek, bapak, ibu, cucu, semuanya bisa bergabung ke PDIP,” tandas Hasto.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here