Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaSosok Jim Ratcliffe, Orang Terkaya di Inggris yang Tertarik Beli MU

Sosok Jim Ratcliffe, Orang Terkaya di Inggris yang Tertarik Beli MU

Bogordaily.net–  Nama Sir menjadi perbincangan. Hal ini menyusul rencana sang pengusaha asal yang dikabarkan siap membeli Manchester United. Ratcliffe yang dikenal sebagao orang terkaya di menjadi calon pembeli terkuat Manchester United jika raksasa sepak bola itu dijual ke pasar. Berikut Sir .

Pemilik nama lengkap Sir James Arthur Ratcliffe ini lahir pada 18 Oktober 1952. Dia mendirikan Grup Ineos pada 1998 yang bergerak di industri kimia.

Ratcliffe  menjabat sebagai CEO dan Chairman perusahaan yang ia kini miliki sebanyak dua sepertiga bagian tersebut.

Melansir Suara.com, pria kelahiran Failsworth, area di Greater Manchester, sehingga tidak heran jika ia merupakan fans Man United sejak kecil.

Soal arta kekayaan Sir James Ratcliffe ditaksir mencapai 7,12 miliar dolar atau sekitar 104 triliun rupiah menurut laporan Bloomberg, sedangkan per laporan Forbes kekayaannya mencapai 16,3 miliar dolar.

Ratcliffe juga sudah berkecimpung di dunia olahraga. Dia menjadi pemilik klub Ligue 1, Nice, klub Liga Swiss FC Lausanne-Sport, dan tim sepeda Ineos Grenaders.

Dia membeli FC Lausanne pada November 2017 dan membeli Nice pada Agustus 2019 dengan duit 100 juta euro, lalu membeli tim sepeda Team Sky yang diganti menjadi Team Ineos.

Tak hanya itu, Ratcliffe juga menjadi sponsor dari tim Mercedes di Formula 1. Perusahaannya juga menjadi sponsor dari timnas rugby Selandia Baru.

Di luar sepak bola, Sir James Ratcliffe menyukai petualangan. Dia sudah pernah melakukan ekspedisi ke Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Kini dirinya tinggal di Monako dan Hampshire, , bersama pasangannya, Cathrine Polli. Sebelumnya dia bercerai dengan istrinya, Carol Pieroni, pada 2022 yang dinikahi sejak 1985.

Sebelumnya diberitakan Sir yang dikenal sebagai pengusaha dan orang terkaya di ingin membeli MU. Miliader yang memiliki perusahaan di bidang kimia, Ineos, itu mengumumkan ia ingin membeli Man United dari keluarga Glazer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here