Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorBuntut Jembatan Cikereteg Longsor Pemerintah Bangun Jembatan Bailey

Buntut Jembatan Cikereteg Longsor Pemerintah Bangun Jembatan Bailey

Bogordaily.net – Buntut longsor di Jalan Raya Bogor – Sukabumi pemerintah kini tengah membangun jembatan bailey.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta – Jawa Barat, PUPR, Kepolisian, TNI meninjau langsung yang memutus akses Bogor-Sukabumi.

“Hari ini akan dimulai pemasangan jembatan bailey, mudah mudahan 2 minggu selesai,” kata Iwan Setiawan, Selasa 28 Februari 2023.

Kata dia, saat ini, petugas sudah mulai membangun Jembatan Bailey sepanjang 40 meter dan lebar 5 meter yang diharapkan selesai sebelum 14 hari.

“Jadi masyarakat yang akan menggunakan khususnya angkot mungkin dalam 2 minggu sudah bisa dilewatin, dan jangka panjangnya akan dibangun secara permanen,” jelasnya.

Ia berharap pembangunan jembatan bailey tersebut bisa dipercepat oleh Dinas PUPR. Sehingga, bisa kembali dilalui masyarakat.

“Kami meminta pupr pusat untuk dipercepat. Kita doakan semoga akses jalan ini bisa segera dilalui kembali,” ujar Iwan

Sebelumnya, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) , M Adam mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan dan Dinas PUPR untuk segera melakukan perbaikan di jembatan tersebut.

“Kami sudah berkomunikasi dengan , dan Dinas PUPR juga sudah bersurat ke DPKPP terkait ruko yang berdekatan dengan lokasi bencana,” kata M Adam saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Senin 27 Februari 2023.

Kata dia, pihaknya telah mengkosongkan bangunan yang berada di sekitar jembatan dan nantinya, akan membuat jembatan baily untuk menjaga kelancaran lalu lintas di jalan menuju Bogor-Sukabumi.

Baca Juga: The Sahira Hotel Luncurkan Paket Bukber ‘Ramadhan Penuh Berkah', Ini Harganya

“Untuk saat ini sudah dikosongkan 2 unit ruko terdekat, dan dalam waktu dekat, ke depannya akan dibuat jembatan beily oleh Kementerian PUPR,” jelasnya.

Sementara itu di lokasi, rekayasa lalu lintas diberlakukan. Kendaraan roda empat atau lebih bisa menggunakan Tol Bocimi.

Pasca longsor, untuk sepeda motor bisa melalui jalur alternatif seperti Pasar Cikereteg, Simpang Ratna, Jalan Alternatif dan lainnya.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here