Saturday, 27 April 2024
HomeOtomotifJangan Bingung, Ini Tips Sebelum Membeli Motor Listrik

Jangan Bingung, Ini Tips Sebelum Membeli Motor Listrik

Bogordaily.net – Siapa yang tidak kenal ? yak di jaman yang sudah maju akan teknologi ini membuat kendaraan roda dua yang biasanya menggunakan bahan bakar ini, sekarang bisa berjalan menggunakan tenaga listrik. Banyaknya model dan merk yang dijual di pasaran, berikut adalah beberapa tips sebelum membeli .

Kendaraan listrik mulai banyak diminati. Tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga hemat biaya operasional dan perawatan.

Namun masih tergolong baru di Indonesia dan mungkin belum banyak orang yang tahu tentang cara membeli yang baik dan benar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih dan membeli , dikutip dari Otosia.com :

Pertimbangkan Budget

Pertama-tama, sebelum Anda membeli , Anda harus mempertimbangkan budget Anda.

Harga dapat bervariasi tergantung pada merek dan model. Namun, terkadang memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan motor bensin dengan model yang mirip. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki budget yang cukup sebelum memutuskan untuk membeli .

Baca juga : Resmikan SPKLU di Balai Kota Bogor, PLN Sinergi Wujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Cari Tahu Tentang Harga

Harga adalah salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan saat membeli .

Pastikan Anda membandingkan harga motor listrik dari berbagai merek dan dealer. Namun, jangan hanya memilih motor listrik yang paling murah, tetapi pastikan kualitasnya tetap baik. Periksa juga kebijakan garansi dan layanan purna jual dari dealer atau produsen.

Perhatikan Spesifikasi Motor Listrik

Setelah menentukan budget, perhatikan spesifikasi motor listrik yang ingin Anda beli. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan seperti daya dan jarak tempuh baterai, kecepatan, dan fitur-fitur lain yang tersedia pada motor listrik.

Pastikan bahwa spesifikasi motor listrik yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu tergiur dengan fitur-fitur tambahan yang tidak terlalu diperlukan.

Cari Tahu Tentang Kualitas Baterai

Kualitas baterai adalah salah satu faktor penting dalam memilih motor listrik. Pastikan baterai yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Hal ini dapat mempengaruhi performa dan masa pakai motor listrik Anda.

Setiap merek motor listrik memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait pengisian daya baterainya. Ada yang menggunakan charger bawaan, ada juga yang harus menggunakan charger tambahan.

Pastikan Anda memeriksa kebijakan pengisian daya baterai dan apakah charger tambahan perlu dibeli atau tidak.

Pastikan Tempat Pengisian Daya Mudah Ditemukan

Sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik, pastikan Anda tahu di mana tempat pengisian daya terdekat berada.

Hal ini penting karena daya baterai motor listrik tidak sekuat motor bensin. Anda harus mengetahui titik pengisian daya terdekat agar dapat melakukan pengisian daya dengan mudah dan nyaman.

Cari Tahu Tentang Ketersediaan Suku Cadang

Sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik, pastikan bahwa suku cadang motor listrik mudah ditemukan di Indonesia.

Baca juga : Perluas Penetrasi Kendaraan Listrik, PLN Gandeng KFC Bikin SPKLU

Motor listrik masih tergolong baru di Indonesia dan suku cadangnya mungkin belum tersedia secara luas. Pastikan Anda memilih merek motor listrik yang suku cadangnya mudah ditemukan di Indonesia.

Lakukan Test Ride

Sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik, lakukan test ride terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk merasakan langsung performa dan kenyamanan motor listrik yang Anda inginkan.

Jangan sungkan untuk melakukan test ride pada beberapa merek dan model motor listrik yang berbeda, agar Anda dapat membandingkan performa dan kenyamanan dari masing-masing motor listrik.

Jangan Lupa Perhatikan Faktor Keamanan

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan faktor keamanan dalam memilih motor listrik. Pastikan motor listrik yang dipilih memiliki fitur keamanan yang memadai seperti sistem pengereman yang baik dan lampu depan yang cukup terang.

Hal ini akan sangat penting untuk memastikan keselamatan Anda saat berkendara dengan motor listrik.

Cari Tahu Tentang Ketersediaan Asuransi

Jika perlu, pastikan bahwa motor listrik yang Anda beli memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi akan melindungi motor listrik Anda dari kerusakan dan kecelakaan yang mungkin terjadi. Beberapa merek motor listrik memiliki program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Periksa Legalitas Motor Listrik

Pastikan motor listrik yang Anda beli telah memiliki sertifikasi dari lembaga yang berwenang, seperti Kementerian Perhubungan. Pastikan motor listrik yang Anda beli juga telah terdaftar di SAMSAT dan memiliki STNK.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here