Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Sukses Meluluskan Peserta Sekolah Pemerintah Desa, Ini Pesan Plt Bupati

Pemkab Bogor Sukses Meluluskan Peserta Sekolah Pemerintah Desa, Ini Pesan Plt Bupati

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali mewisudakan 165 peserta Pemerintahan Desa angkatan ke 2, setelah sukses mewisuda 120 peserta Pemerintahan Desa (SPD) angkatan pertama pada 2021.

Angkatan ke 2 yang terdiri dari, 38 kecamatan, 55 desa, 55 kepala desa, 55 operator spasial, dan 55 operator sosial, wisuda dihadiri langsung oleh Bogor, Iwan Setiawan di IPB University Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor, Rabu, 8 Februari 2023.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Kabupaten Bogor menjadi satu-satunya di Indonesia yang sudah memiliki Program Pemerintahan Desa yang bekerja sama dengan IPB University, sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan di tingkat desa, serta untuk mengoptimalkan dalam mendiagnosa seluruh permasalahan yang ada di masyarakat tingkat desa.

Baca juga : Presiden Instruksikan Pembangunan Sekolah Terdampak Gempa Selesai Dalam 3 Bulan

“Ini upaya kita untuk mempercepat pembangunan desa, dengan ilmu yang mereka dapat melalui program Pemerintahan Desa ini,” kata Plt. Bupati Bogor, dalam sambutanya.

Iwan menegaskan, kepada seluruh Kepala Desa agar tidak melakukan pergantian aparatur desa jika terjadi pergantian Kades terutama mereka yang telah lulus melaksanakan Pemerintahan Desa angkatan 1 dan 2.

“Supaya mengikat langkah kami, akan dituangkan dengan peraturan. Kita sudah cape-cape menyekolahkan dan mendanai, pas ganti Kades ganti juga aparaturnya. Itu tidak boleh terjadi, mereka adalah investasi dan SDM desa yang sangat potensial, jadi jangan sampai diganti,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Bogor juga menyatakan terima kasih kepada keluarga besar IPB University yang sudah bekerja sama dan menjadi Kabupaten Bogor pilot project Pemerintahan Desa pertama di Indonesia.

Baca juga : Bantu Masyarakat Sumatera Selatan, XL Axiata Bangun Sarana Air Bersih dan Jembatan Desa di Banyuasin

“IPB ini sangat luar biasa inovasinya, yang saya tahu IPB itu pertanian ternyata bukan, tapi pertanian plus. IPB banyak inovasi yang bisa diaplikasikan untuk bagaimana bisa dikerjakasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, salah satunya Pemerintahan Desa ini. Insya Allah Pemerintahan Desa ini juga akan kami selenggarakan di tahun 2023 ini,” ujar Iwan Setiawan.

Sementara itu, Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan, tonggak kemajuan Kabupaten Bogor terletak pada kemajuan desa.

Oleh karena itu, sumber daya manusia aparatur desa ini mutlak untuk menjadi pilar utama dalam pembangunan desa.

“Pemanfaatan inovasi IPB dalam data desa presisi dan untuk menunjang data desa presisi inilah kemudian dikembangkan Pemerintahan Desa agar aparat desa semakin aware terhadap data, karena data yang baik akan menjadi sumber perencanaan yang baik,” kata Prof Arif Satria, dalam sambutanya. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here