Saturday, 27 April 2024
HomeOtomotif4 Cara Mengetahui Kapan Motor Harus Ganti Oli

4 Cara Mengetahui Kapan Motor Harus Ganti Oli

Bogordaily.net – Kapan motor harus ganti ? Sebagai kendaraan, motor sangat membutuhkan perawatan yang baik dan rutin agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Salah satu perawatan yang sangat penting adalah mengganti secara teratur.

Banyak yang tidak tahu, berikut adalah beberapa ciri-ciri motor yang harus segera diganti :

1. Warna yang sudah kotor atau hitam pekat

Jika sudah terlihat hitam pekat atau kotor, maka itu merupakan tanda bahwa sudah terlalu lama dan harus segera diganti.

Baca juga : Kapan Shockbreaker Motor Harus Diganti? Cek di Sini

Mesin terasa lebih berat saat dioperasikan. Jika mesin terasa lebih berat atau lebih sulit untuk dinyalakan, maka itu bisa menjadi tanda bahwa sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Bunyi mesin yang tidak normal

Jika mesin terdengar lebih kasar atau lebih berisik dari biasanya, maka itu bisa menjadi tanda bahwa sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan harus segera diganti.

3. Konsumsi yang meningkat

Jika Anda sering mengisi ulang lebih sering dari biasanya, maka itu bisa menjadi tanda bahwa oli sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan harus segera diganti.

Nah itu dia cara dan ciri-ciri kapan motor harus ganti oli. Dalam rangka memastikan motor Anda selalu berada dalam kondisi yang optimal, sebaiknya Anda melakukan pergantian oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi dari pabrik motor atau produsen oli yang digunakan.

Namun, umumnya pergantian oli dilakukan setiap 5.000 – 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan sekali, tergantung dari faktor-faktor seperti jenis oli yang digunakan, kondisi jalan yang dilalui, dan lingkungan tempat motor digunakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here