Thursday, 25 July 2024
HomePolitikAlasan Utama Partai Prima Tuntut KPU

Alasan Utama Partai Prima Tuntut KPU

Bogordaily.net – Alasan utama Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) mengambil langkah hukum dengan menuntut ke hanya untuk mencari keadilan usai gagal menjadi peserta Pemilu Serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Prima, Agus Jabo Priyono di podcast Akbar Faisal, yang diunggah pada Jumat malam, 10 Maret 2023.

“Saya bicara keadilan. Waktu kita melakukan protes, melakukan aksi berkali-kali karena proses hukum sudah mentok,” ujar Jabo.

Ia menyatakan, permintaan Prima kepada adalah meloloskan menjadi peserta Pemilu Serentak 2024. Namun nyatanya tidak juga disambut positif.

Baca juga : Dituntut Berdamai dengan KPU, Partai Prima: Tak Masalah

Karena, setelah langkah hukum sengketa proses dilayangkan ke Badan Pengawas Pemilu (), dan hasil yang keluar berupa rekomendasi kepada agar verifikasi administrasi ulang, juga tidak meloloskan Prima sebagai peserta pemilu.

Bahkan setelah itu, Jabo menuturkan bahwa Prima juga melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), di mana objek sengketanya adalah Berita Acara (BA) hasil verifikasi administrasi , yang juga ditolak.

“Kalau kemudian kita dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat), dan terus kita punya bukti-bukti bahwa melanggar, tidak jurdil, maka kita minta diaudit. Dibuka datanya ke publik,” keluh Jabo, dikutip dari RMOL.

“Itu supaya masyarakat tahu, kalau pun data-data kami buruk dari partai-partai lain kami ikhlas, enggak ada soal. Tapi harus fair,” sambungnya.

Lebih lanjut, pada intinya Jabo mengklaim hanya ingin meminta ke agar haknya untuk dipilih oleh rakyat dalam pemilu bisa terlaksana. Alih-alih, ia membantah menjadi satu pihak yang mendukung penundaan Pemilu Serentak 2024.

“Sampai kemanapun akan saya tuntut ( agar Prima bisa menjadi peserta Pemilu Serentak 2024),” demikian Jabo menambahkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here